Agar Puasa Tidak Bikin Lapar dan Lemas

By nova.id, Selasa, 15 Juli 2014 | 05:32 WIB
Agar Puasa Tidak Bikin Lapar dan Lemas (nova.id)

TabloidNova.com - Saat menjalankan puasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Nah, agar tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Bagaimana caranya? Agar puasa tidak bikin lapar dan lemas, konsumsi bahan makanan yang memberi rasa kenyang lebih lama.

Sumber Serat Sumber serat terdapat pada buah dan sayur. Mengonsumsi sumber serat memberikan efek positif,  karena selain membantu proses detoksifikasi, serat juga akan memberikan rasa kenyang lebih lama, demikian menurut Wahyu Budi Triana, S.GZ, RD, ahli gizi dari RS Permata Pamulang.

Sumber serat dalam sayur misalnya sayur-sayuran berdaun (daun singkong, bayam, papaya, kangkung, sawi, dan sebagainya) serta buah-buahan (apel, papaya, melon, jeruk). Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Karbohidrat Kompleks Konsumsi karbohidrat kompleks ketika sahur membuat gula darah menjadi lebih stabil, sehingga tenaga dan mood lebih terjaga. Peningkatan gula darah yang perlahan dan penurunan yang perlahan akan membuat tubuh dapat berfungsi optimal dan tidak gampang lemas.

Karbohidrat kompleks juga lebih lama dicerna dalam tubuh sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Contohnya, oat, gandum, beras merah dan sebagainya.

Cukup CairanCairan yang dibutuhkan manusia adalah sekitar 2 liter per hari. Ini bisa pula terpenuhi dengan konsumsi air putih, jus buah, atau kuah sup.

Sumber Protein Sumber protein bisa didapat dari ayam, telur, ikan, atau daging. Yang perlu diperhatikan adalah proses pengolahannya. Hindari gorengan karena hanya akan memberikan sensasi rasa (lebih gurih) tapi membuat tubuh mudah mengantuk. Proses pengolahan yang disarankan bisa dikukus, dipanggang, direbus, atau ditim.

Jika Anda rutin mengonsumsi bahan makanan ini, dijamin puasa tidak bikin lapar dan lemas.

Hasto Prianggoro