Wanita yang Sering PMS Itu Kurang Magnesium

By nova.id, Selasa, 9 Juli 2013 | 03:14 WIB
Wanita yang Sering PMS Itu Kurang Magnesium (nova.id)

Wanita yang Sering PMS Itu Kurang Magnesium (nova.id)

"Ilustrasi "

Ketika seorang wanita mengalami Pre-Menstrual Syndrome (PMS), kadar kalsium dalam tubuhnya akan berfluktuasi. Dalam kondisi ini, hormon ovarium dapat mempengaruhi metabolisme kalsium, magnesium dan vitamin D.

Untuk mengatasi kekurangan magnesium yang diakibatkan PMS bisa juga disarankan wanita tersebut mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi atau suplemen, atau juga diberikan Magnesium  Therapy pada wanita PMS dengan red cell magnesium yang rendah.

Sedangkan jika kalsium dalam darah rendah, maka seseorang bisa merasakan beberapa masalah kesehatan. Misalnya:

- Kontraksi otot polos.- Diare atau intoleran laktosa/gluten, gangguan absorbsi dan abnormalitas elektrolit.- Pada sistem saraf perifer ditemukan baal.- Manifestasi sensitif, bingung, halusinasi, dementia, extra pyramidal.

Dalam sebuah penelitian yang ditulis Journal of Clinical Nutrition (1985) dikatakan, penderita hipertensi mempunyai kadar magnesium yang rendah dibandingkan mereka yang mempunyai tekanan darah normal.Oleh karenanya, magnesium dapat bermanfaat sebagai hipotensi agent pada jenis hipertensi ringan.

Begitu juga dengan para penderita diabetes retinopati dengan terapi insulin, mereka juga mempunyai kadar magnesium yang rendah.Rendahnya kadar magnesiumpenderita DM menjadi salah satufaktor risiko yang meningkatkankomplikasi.

Selain meningkatkan risiko hipertensi, Journal of the American College of Nutrition 4 menuliskan, magnesium yang rendahdalam darah dapat meningkatkan risiko coronary spasme (angina) dan kerusakan otot jantung.

Jadi, pastikanlah asupan magnesium harian Anda tercukupi. Yakni, dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, ikan air dingin seperti halibut dan salmon, serta berbagai biji-bijian dan kacang-kacangan.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium dengan dosis 250 mg sebagai bagian diet sehari-hari. Carilah suplemen yang menyediakan magnesium dalam bentuk magnesium sitrat atau aspartat untuk hasil terbaik.\

Ester