Jadi Langsing dengan Cara Sehat!

By nova.id, Jumat, 1 November 2013 | 03:03 WIB
Jadi Langsing dengan Cara Sehat (nova.id)

Jadi Langsing dengan Cara Sehat (nova.id)

"ilustrasi "

Namun, langsing saja belum cukup. Anda tetap harus memperhatikan faktor kesehatan tubuh, terutama dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan juga olah tubuh yang rutin.

Bicara soal diet sehat, Tri Mutia Ramdhani (Head Nutrionist dari Slim Gourmet) berujar soal sarapan pagi yang tetap menjadi faktor penting sebelum memulai aktifitas harian. Menurutnya tak sulit bagi perempuan pekerja kantoran atau di lapangan untuk menjaga tubuh agar tetap langsing.

Selain niat yang kuat, tanamkan juga prinsip diet demi kesehatan Anda di usia mendatang. Nah, jika pemahaman itu sudah ada, mari praktikkan resep jitu berikut:

Ganti warna makanan berkarbohidrat. Maksudnya, jika Anda biasanya makan nasi dari beras putih, cobalah menggantinya dengan beras merah. Begitu juga jika sudah terbiasa sarapan roti tawar. Pilihlah roti gandum ketimbang roti berwarna putih. Karbohidrat berlebih dipercaya menjadi salah satu faktor naiknya berat badan.

Banyak jajanan di tempat umum yang menggoda iman. Sebaiknya Anda tahan keinginan memakannya, terutama makanan berupa goreng-gorengan. Selain itu, kurangi juga makanan mengandung santan, krim, mentega, dan mayonaise.

Kurangi makanan yang terlalu manis, asin, dan serba instan (termasuk fastfood). Memang kelihatannya praktis, enak atau mengenyangkan. Tapi, jenis produk ini tentu mengandung pengawet.

Sebaiknya batasi makan hingga jam 7 malam. Tapi, kalau Anda lapar makan saja bar gandum atau buah (bisa buah potong atau dibuat jus).

Makanlah tiap 3 jam sekali. Jika Anda tak mudah lapar bisa jadi itulah tanda metabolisme tubuh melambat. Aktifitas makan dimulai sejak sarapan, camilan pagi, makan siang, camilan sore, makan malam, dan camilan malam (hanya jika lapar). Tapi, ingat ya, camilan yang dimaksud adalah makanan sehat seperti buah-buahan, plain yoghurt, susu rendah lemak atau produk yang mengandung gandum seperti biskuit, bar, dan roti.

Gunakan metode konsumsi 3 sayur 2 buah setiap hari. Jika Anda lebih menyukai buah, bisa juga menjadi 3 buah 2 sayur. Intinya, setiap kali makan besar harus ada menu sayur dan dilengkapi dengan buah-buahan. Makin variatif warna buah, makin bagus khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Perbanyak konsumsi kacang-kacangan dan air putih minimal 10 gelas per hari.

Tetap berolahraga minimal 15 menit sehari. Disarankan untuk berolahraga terlebih dahulu sebelum makan berat. Namun, kalau merasa repot, senam ringan atau lari rutin setiap pagi juga akan membuat badan terasa lebih bugar.

Ade Ryani