Postur Ideal Dengan Body Balance (1)

By nova.id, Kamis, 14 Januari 2010 | 06:47 WIB
Postur Ideal Dengan Body Balance 1 (nova.id)

Ingin punya postur tubuh indah menawan? Tak ada salahnya mencoba 9 latihan body balance berikut, dan mimpi memiliki body ideal pun bakal menjadi kenyataan!

Posisi tubuh ternyata bisa jadi penyebab postur tubuh tak ideal. Duduk di depan komputer, menyetir, berjalan dengan sepatu high heels, bisa berbuntut pundak tinggi sebelah, bahu bungkuk, atau dada terlalu busung. Untuk mencegahnya, latihan body balance selama 15 menit 3 kali seminggu akan membantu Anda mengembalikan postur tubuh ideal lagi. Berikut beberapa gerakannya:

1. Downward facing dog Membungkuk dengan kaki terbuka selebar bahu. Telapak kaki lurus kedepan, tekan ibu jari kaki ke matras. Kedua lengan lurus menghadap depan dan kepala melihat pusar. Tarik paha dan badan ke atas. Tarik bahu hingga melebar ke samping. Tarik punggung memanjang Turun hingga lengan lurus dan kepala dekat dengan matras. Ingat, tumit jangan sampai terangkat.

Tahan posisi lurus selama tiga tarikan nafas diafragma, lalu kembali ke posisi semula. Gerakan ini sangat baik untuk stretching di awal latihan. Tujuannya memanjangkan otot punggung (tulang belakang) dan paha belakang. Pada gerakan ini tidak ada yang ditekuk, sehingga postur jadi lebih panjang.

2. Triangle pose Buka kaki selebar rentangan tangan. Posisikan telapak kaki kanan lurus ke depan dan satunya lurus ke samping. Perhatikan posisi pantat agak masuk dan tidak terlalu buang ke belakang, supaya beban tulang belakang tidak berat dan pegal. Rentangkan tangan ke samping lebar-lebar, lalu perlahan sentuh telapak kaki yang menghadap ke samping dan tangan satunya ke atas.

Posisi kepala melihat ke ujung tangan yang di atas.Lakukan dan tahan sembari tarik nafas 3 kali, kemudian kembali. ke posisi semula. Gerakan ini sangat baik untuk membuka hip dan memberikan stratching pada otot paha dalam sebelum gerakan inti.

3. Warrior two Buka kaki selebar rentangan tangan. Telapak kaki kanan lurus ke depan, sementara satunya lurus ke samping. Tarik lutut kiri hingga menekuk dan paha terbuka. Rentangkan tangan ke samping. Perlahan turunkan posisi badan ke bawah, tarik nafas diafragma 3 kali perlahan-lahan, lalu kembali. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk menguatkan otot paha. Lakukan sebagai gerakan inti setelah stretching.(Bersambung)

Laili Damayanti