KG Value Card Gelar Member Gathering "Betawi Makyus bersama Pak Bondan"

By nova.id, Minggu, 7 Desember 2014 | 09:26 WIB
KG Value Card Gelar Member Gathering Betawi Makyus bersama Pak Bondan (nova.id)

TabloidNova.com - Jelang tutup tahun 2014, Kompas Gramedia Value Card (KGVC) menggelar member gathering bertema "Betawi Maknyus bersama Pak Bondan" pada Sabtu (6/12) pagi di Bentara Budaya Jakarta.

Acara yang khusus diadakan untuk para anggota KGVC ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran dan bedah buku kuliner terbaru Bondan Winarno yang berjudul 100 Maknyus Jakarta.

Acara bedah buku yang disusun oleh Bondan dan dibantu dua rekannya, Lidia Tanod dan Harry Nazarudin, ini juga dihadiri tokoh sejarawan muda dan pendiri penerbitan Komunitas Bambu yang banyak meluncurkan buku-buku bertema budaya dan humaniora, JJ Rizal. Rizal ikut berbagi pengalaman mengenai kuliner Betawi khususnya, dan kuliner tradisional Indonesia yang ada di Jakarta pada umunya.

KG Value Card Gelar Member Gathering Betawi Makyus bersama Pak Bondan (nova.id)
KG Value Card Gelar Member Gathering Betawi Makyus bersama Pak Bondan (nova.id)

"Salah satu jananan khas Betawi yang sudah agak jarang ditemui, Es Selendang Mayang, yang tersedia di acara "Betawi Maknyus Bersama Pak Bondan". (FOTO: INTAN Y. SEPTIANI/NOVA) "

Jajanan khas yang masih cukup mudah didapat di beberapa lokasi di Jakarta yang tersedia antara lain kerak telor, kue pancong, kue cubit, serta minuman khas Jakarta, yakni Bir Pletok dan Es Selendang Mayang, juga Asinan Betawi yang segar.

Sementara untuk masakan khasnya, tersedia pula Gabus Pucung, Sayur Besan, Empal Bulat, Krengsengan Kambing, dan Semur Jengkol yang mampu memanjakan lidah para pengunjung sebagai menu makan siang. Sambil menikmati aneka sajian khas Betawi para pengunjung juga dihibur oleh penampilan Tarian Tradisional Betawi dan musik Tanjidor yang membuat suasana Betawi semakin kental terasa.

Kompas Gramedia Value Card (KGVC) merupakan membership bagi unit bisnis yang ada di Kompas Gramedia. KGVC terdiri atas 14 varian yang mencerminkan sebagian unit bisnis Kompas Gramedia Grup, di antaranya Toko Buku Gramedia, Hotel Santika, Kompas, Tabloid Nova, Kontan, Bobo, Warta Kota, Bentara Budaya, ELTI, Gramedia Publishers, Tribun Jogja, The Jakarta Post, Gramedia Kids, dan Kompasiana.

Selain berfungsi sebagai kartu identitas keanggotaan, KGVC juga merupakan alat bayar yang didukung oleh Flazz BCA. Saat ini member KGVC berjumlah lebih dari 600.000 orang sejak pertama kali dibentuk pada Juli 2011 lalu.

Intan Y. Septiani

FOTO: INTAN Y. SEPTIANI/NOVA