Mau Sukses Menjalani Hubungan? Patuhi 3 Hal Ini

By nova.id, Rabu, 20 Agustus 2014 | 01:41 WIB
Mau Sukses Menjalani Hubungan Patuhi 3 Hal Ini (nova.id)

Mau Sukses Menjalani Hubungan Patuhi 3 Hal Ini (nova.id)

"Butuh komitmen kuat untuk mempertahankan sebuah hubungan (foto: SHEKNOWS) "

 TabloidNova.com - Banyak orang bertanya apa resep agar hubungan bisa terus langgeng. Anda tentu pernah mendengar, sebuah hubungan layaknya batu jalanan aspal yang memiliki bagian mulus, kasar lalu sedikit berlubang, dan berkerikil tajam. Intinya, tidak ada sebuah hubungan yang selalu berjalan lancar tanpa adanya masalah atau gangguan. Menyatukan dua manusia yang jauh berbedah bukanlah perkara mudah.

Sebuah survei dilakukan di Inggris pada tahun 2013 dengan mengamati lebih dari 5.700 orang di daerah Wales, Irlandia Utara dan Skotlandia. Semula mengira bahwa memiliki kehidupan seks yang hebat adalah resep meramu hubungan rumah tangga. Nyatanya, tidak! Ternyata, sebanyak 80 persen dari jumlah orang tersebut menyebutkan tiga hal utama sukses menjalani hubungan. Apa saja itu?

Komitmen

Tidak ada cara terbaik mempererat sebuah hubungan selain berkomitmen dengan apa yang dijalani. Kesetiaan adalah bagian utama dari komitmen. Mengenal dan menunjukkan sikap menerima kekurangan yang dimiliki pasangan menjadi bagian bahwa Anda siap hidup berdampingan bersama pasangan Anda.

 "Lakukan hal intim untuk mempertebal komitmen Anda. Luangkan waktu untuk menempatkan pasangan di posisi pertama dibanding yang lainnya. Coba untuk dekat dengan lingkungan sekitarnya seperti keluarga, sahabat atau rekan kerja agar memperkuat rasa kebersamaan serta mengurasi gesekan perbedaan," saran Brad Wilcox, Ph.D seorang sosiolog dan Direktur National Marriage Project. 

Komunikasi

Memiliki komunikasi yang sehat sangat penting dalam sebuah hubungan. Berbagai gangguan penyebab pertengkaran bisa diatasi lewat cara konfrontasi, berbicara tatap mata, lewat telepon atau percakapan sebelum tidur dan saat bangun pagi. "Komunikasi non verbal amat penting selain komunikasi verbal.

Komunikasi bisa dilakukan dengan pijatan ringan dan lembut saat pasangan merasa letih setelah bekerja seharian, atau saat menghidangkan kopi atau sarapan. Selain seks, komunikasi bisa juga diungkapkan tanpa ucapan sepatah katapun" jelas Scott Haltzman, MD, penulis buku secret for happy marriage. 

Kejujuran

Bersikap jujur nampak mudah bahkan seringkali diabaikan. Namun, kebohongan sekecil apapun akan menimbulkan pemicu masalah pada sebuah hubungan. Berbohong bisa berupa berpura-pura orgasme, berpura-pura senang saat dia meminta Anda melakukan sesuatu yang dia sukai, berbohong saat kelehan dan suasana hati tidak baik, berbohong soal penyebab pertengkaran dan lain-lain. 

Sebuah studi dari Temple University School of Medicine menemukan bahwa membangun sebuah kepercayaan sama penting dan sulitnya dengan menjalani kehidupan berumah tangga. Dengan berbohong, pasangan akan merasa tidak dihargai, tidak dianggap, tidak mendapat perhatian serta berkurang rasa sayang. Kejujuran kerap dijadikan perumpaan sebuah hubungan masih bisa dijalani atau tidak. 

Ridho Nugroho / Sumber: Women's Health