Fengsui di Kamar Tidur Anak (2)

By nova.id, Selasa, 27 Maret 2012 | 10:54 WIB
Fengsui di Kamar Tidur Anak 2 (nova.id)

Terjauh Paling Baik

Letak pintu kamar yang terbaik adalah yang "terjauh" dari posisi ranjang atau tempat tidur.  Sedapat mungkin posisi pintu terlihat oleh anak dalam posisi berbaring atau tidur. Pada gambar di samping, posisi ranjang A dan B baik, tetapi posisi ranjang C kurang baik karena menyerong, sehingga terkena tusukan dinding sudut.

Letak Kamar Mandi 

I stilah "Sektor" sering didengungkan dalam ilmu fengsui. Pada denah rumah sendiri, biasanya terlihat delapan sektor yaitu Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, Barat Laut, Utara, Timur Laut, dan Timur. Gambar di atas menunjukkan denah sebuah rumah yang menghadap ke arah Tenggara dan kamar tidur anak di Barat Daya. Letak semacam ini baik untuk perkembangan anak perempuan yang lahir tahun 2005, anak laki-laki yang lahir tahun 2004 dan tahun 2007. 

Sektor juga biasanya dipakai untuk menentukan letak kamar mandi terhadap kamar tidur anak. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat dan mengetahui denah rumah secara keseluruhan. Apakah berada pada satu sektor yang sama atau berada dalam sektor yang berbeda. Posisi kamar mandi akan "baik-baik saja" secara fengsui jika tidak berada pada sektor yang sama dengan kamar tidur. Tetapi, apabila posisi kamar mandi berada sama-sama dalam satu sektor, tentu kurang menguntungkan menurut ilmu fengsui.

Memindai Karakter Anak

Interior ruangan anak bisa dikategorikan ke dalam dua nuansa yaitu nuansa hangat atau warm space dan nuansa sejuk atau cool space. Anak-anak juga digolongkan ke dalam dua macam karakter, yaitu Dingin dan Hangat. Dalam prinsip fengsui, mereka yang berkarakter dingin memerlukan warm space, sedangkan mereka yang berkarakter hangat memerlukan cool space. Tujuannya agar keseimbangan pertumbuhan dan perkembangan anak bisa dicapai dengan baik.

Lalu bagaimana cara menandai karakter anak? Karakter anak dapat ditinjau dari elemen-elemen menurut data lahirnya. Anak yang memiliki banyak elemen Logam dan Air termasuk dalam karakter Dingin, sedangkan anak yang memiliki banyak elemen Kayu dan Api tergolong berkarakter Hangat. Cara menghitungnya, gunakan tahun lahir untuk mendapatkan shio dan bulan lahir untuk mendapatkan musim dan jam lahir. Penentu yang paling kuat di antara ketiga parameter tersebut adalah bulan lahir.

Mereka yang berkarakter Dingin ditandai dengan shio Monyet, Ayam, Babi, Tikus, Kerbau, dan Naga lahir pada bulan Agustus, September, November, Desember, Januari, dan Februari serta jam lahir sore, malam, hingga subuh hari (dari pukul 15.00 - 03.00). Mereka yang berkarakter Hangat ditandai dengan shio lahir Macan, Kelinci, Ular, Kuda, Kambing, dan Anjing dan lahir pada bulan Maret, April, Mei, Juni, Juli, Oktober serta jam lahir pagi hingga siang hari (dari pukul 03.00 - 15.00).

Jadi, ruangan sejuk yang bernuansa bahan dan warna Logam dan Air diperlukan oleh anak yang berkarakter Hangat. Sementara ruang hangat bernuansa bahan dan warna Kayu dan Api diperlukan oleh anak yang berkarakter Dingin.

Contoh: Clarissa lahir pada bulan Desember 2000 pukul 10.00 pagi ber-shio Naga. Berarti, ia lahir pada musim hujan (Dingin) sudah pasti Air-nya kuat dan shio Naga termasuk unsur Dingin. Meskipun lahir pada pagi hari (jam Ular), tetapi karena dua unsur lainnya lebih banyak unsur yang dingin, maka ia tergolong berkarakter Dingin sehingga memerlukan nuansa yang Hangat.

Hasto Prianggoro, Koleksi Bedroom Set: Informa Furnishings Living World Alam Sutera, (021-53128566), Foto: Ahmad Fadilah