Cintai Pekerjaanmu! (2)

By nova.id, Selasa, 9 Maret 2010 | 06:01 WIB
Cintai Pekerjaanmu! 2 (nova.id)

Cintai Pekerjaanmu! 2 (nova.id)

""

Carilah Penasihat UlungCarilah penasihat yang dapat memenuhi beberapa kriteria berikut:1.Ia merupakan orang yang sukses bekerja dengan baik di situasi seperti Anda. Misalnya, memiliki atasan, rekan, dan bidang yang mirip dengan Anda.2.Ia siap memberikan waktunya untuk Anda, atau memiliki fasilitas yang memungkinkan Anda untuk bertanya setiap waktu. Misalnya lewat e-mail atau telepon.3.Ia adalah orang yang senang membantu Anda.4.Ia memahami Anda, bicara dengan bahasa Anda, begitu juga sebaliknya dengan Anda.

Perjelas Pribadi SebenarnyaBanyak orang cenderung selalu mencoba mencari diri sendiri dan tetap mencari kebahagiaan ataupun tempat bersandar. Ini dapat saja disebabkan karena mereka menjalani hidup dengan melihat segalanya dari kacamata orang lain.

Terkadang kita bingung dengan apa yang kita lakukan dan segala peran tanggung jawab dalam pekerjaan, keluarga, dan komunitas. Dan kita bingung, siapa diri kita sebenarnya. Gunakan instrumen penilaian formal dan informal untuk memperjelasnya.

Mana sikap Anda yang tercetus hanya karena merasa menjalaninya dalam situasi formal, dan mana yang tidak. Atau, jika perlu petakan bersama teman untuk membantu menemukan jawabnya.

Buat Perencanaan KonkritBiarkan orang melihat siapa diri Anda dengan perkataan dan perlakuan yang Anda sampaikan. Putuskan apa yang Anda ingin orang lain ketahui tentang diri, pekerjaan, kebutuhan, bahkan kekuatan dan kelemahan Anda.

Tanpa rencana spesifik, terkadang orang lain melihat dan mempersepsi Anda berdasarkan kacamata mereka saja. Pastikan orang lain juga mampu memahami Anda. Lakukan sesuatu yang terlihat bermanfaat bagi mereka dan mendapatkan yang bermanfaat dari mereka untuk diri Anda.

Mulailah Hari Dengan BaikGunakan pendekatan dan perangkat yang tepat untuk pekerjaan Anda, seperti keyakinan, kesungguhan dan latihan. Ini berguna untuk memulai kesuksesan sebelum benarbenar bekerja. Anda bisa mencoba yoga, berdoa, atau kiat lain yang menenangkan untuk mengantisipasi apapun yang dihasilkan dari aktivitas Anda dan interaksi dengan rekan kerja.

Selesaikan Hari Dengan BaikDi tiap akhir hari kerja, ulas kembali prestasi Anda. Pikirkan apa yang sudah Anda capai sepanjang hari ini. Sanjung diri Anda dan seluruh yang sudah dikerjakan dan dicoba dilakukan. Ingatlah, di tiap hari selalu menjanjikan kesempatan baru seiring dengan terbitnya mentari.

Laili DamayantiFoto: Romy Palar/Nova