Atasi Stres Dengan Mengontrol Hal Kecil

By nova.id, Kamis, 29 Agustus 2013 | 06:18 WIB
Atasi Stres Dengan Mengontrol Hal Kecil (nova.id)

Atasi Stres Dengan Mengontrol Hal Kecil (nova.id)

"ilustrasi "

Terjebak kemacetan, khawatir akan kesehatan, dan memikirkan cara mengatur keuangan adalah hal-hal yang paling banyak membuat orang jaman sekarang merasa tak berdaya. Tiga hal penting itu pula lah yang membuat lebih dari 1,3 juta orang di Inggris merasa frustasi selama lebih dari 20 kali dalams eminggu. Sepertiga dari peserta 2.699 peserta penelitian juga mengaku merasa kehilangan kontrol akan kehidupan mereka karena terlalu banyak menunda-nunda pekerjaan.

Sepertiga lainnya mengaku merasa terlalu sibuk untuk mengerjakan semua hal, dan seperempat peserta penelitian mengaku tak bisa menyusun jadwal untuk menentukan prioritas kegiatan. Judi James, ahli perilaku sosial berkata, usaha sekecil apapun yang dilakukan seseorang untuk mengontrol hal kecil setiap hari adalah cara simpel namun efektif untuk menghindari stres.

Sayangnya, banyak hal yang membuat orang tertekan tak bisa begitu saja dikontrol. Misalnya, pria akan lebih stress saat menghadapi kemacetan, sementara wanita lebih gelisah dan frustasi ketika mereka terserang penyakit. Pria juga lebih gampang tertekan karena perubahan cuaca, sementara wanita merasa tak bisa mengontrol hidup mereka ketika timbangan alias berat badan merangkak naik.

"Perasaan tak bisa mengontrol situasi ini dapat memberi efek langsung pada kemampuan seseorang untuk mengatasi tekanan dalam kehidupan sehari-hari. Lama-kelamaan, efeknya juga akan terasa pada kehidupan jangka panjang. Maka, selalu coba untuk mengontrol hal-hal kecil yang bisa kita atur, seperti membuat jadwal kegiatan harian yang sederhana dan bisa dicapai."

Ajeng