Anak Sudah Bisa Berinternet? Saatnya Anda Buat Aturan!

By nova.id, Kamis, 4 April 2013 | 08:43 WIB
Anak Sudah Bisa Berinternet Saatnya Anda Buat Aturan! (nova.id)

Anak Sudah Bisa Berinternet Saatnya Anda Buat Aturan! (nova.id)

"Foto: Fadoli Barbathully "

Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi pada anak Anda bukan? Nah, jika anak Anda sudah mulai menggunakan internet, terapkan beberapa aturan sederhana untuk diikuti saat menggunakan internet. Di antaranya:  

-    Ikuti aturan yang Anda tetapkan.

-    Jangan memperdagangkan foto pribadi melalui jejaring sosial, email, dan fasilitas internet lainnya.

-    Jangan pernah mengungkapkan informasi pribadi, seperti nama alamat, nomor telepon, sekolah, atau lokasi di mana ia berada saat itu.

-    Jika anak chat dengan seseorang, ajarkan ia untuk menggunakan nama samaran. Jangan pernah setuju untuk bertemu siapa pun dari chat room secara pribadi.

-    Jangan pernah membalas email atau pesan yang mengancam. -    Selalu beritahukan orang tua tentang segala komunikasi atau percakapan yang menakutkan.

-    Jika anak Anda memiliki teman baru secara online, bersikeraslah agar Anda diperkenalkan secara online dengan orang tersebut.   C

eritakan juga kepada anak beberapa kasus kejahatan anak melalui internet. Hal-hal di atas memang tidak serta-merta menjauhi anak Anda dari kejahatan. Namun, aturan sederhana ini setidaknya dapat membantu membuka wawasannya, bahwa aturan yang Anda buat ada maksudnya, bukan sekadar ketakutan yang tak beralasan.  

Ester Sondang