Dian Siswarini Diangkat Sebagai Presiden Direktur XL

By nova.id, Kamis, 2 April 2015 | 03:01 WIB
Dian Siswarini Diangkat Sebagai Presiden Direktur XL (nova.id)

TabloidNova.com - PT XL Axiata mengawali bulan April dengan menyelanggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu, 1 April. Salah satu keputusan rapat ini adalah menyetujui pengangkatan Dian Siswarini sebagai Presiden Direktur XL yang baru, menggantikan Presiden Direktur (CEO) terdahulunya, Hasnul Suhaimi.

Hasnul telah mengabdi di perusahaan telekomunikasi nomor dua di Indonesia ini sejak Oktober 2006, dan tahun ini telah memasuki masa pensiun. RUPST ini juga menyatakan menerima dengan baik pengakhiran masa jabatan Hasnul selaku anggota Direksi Perseroan.

Oleh karena itu, rapat ini juga sekaligus memberikan pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada Hasnul. Tak hanya itu, pada kesempatan yang sama, RUPST juga mengangkat mantan Menteri Keuangan RI DR Muhamad Chatib Basri sebagai anggota Dewan Komisaris Perseroan.

Mengenai penunjukan Dian Siswarini sebagai CEO baru XL, Hasnul mengatakan, "Dian adalah figur yang tepat untuk memimpin XL ke depan. Beliau memiliki kompetensi yang lebih dari cukup guna membawa XL menghadapi tantangan industri telekomunikasi di masa depan."

Dalam perjalanan kariernya, Dian telah berkiprah bersama XL sejak 1996. Kemudian mulai 2007, ibu tiga anak ini menjadi anggota Direksi XL dan menjabat sebagai Direktur Network. Lalu pada 2011, ia menjabat sebagai Direktur/Chef Digital Service.

Sebelum diangkat menjadi Wakil Presiden Direktur/Deputy CEO, Dian sempat mengembangkan karier profesionalnya sebagai Group Chief of Marketing and Operation Officer di Axiata, Malaysia. Dian tampaknya memang telah dipersiapkan menjadi Presiden Direktur/CEO XL oleh Hasnul secara pribadi sejak tiga tahun lalu.

Seusai pengangkatan Dian Siswarini sebagai CEO XL yang baru, perempuan yang mengawali kariernya dari bawah ini mengatakan, "Saya mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh perseroan, dan oleh karena itu saya siap mengemban tanggung jawab ini sebaik-baiknya, sebagai Presiden Direktur atau CEO XL."

Untuk menghadapi tantangan perkembangan industri telekomunikasi ke depan serta memperkuat jajaran direksi dalam mengelola kegiatan operasional perusahaan, XL juga mengumumkan jajaran manajemen baru. Jajaran manajemen ini berada satu tingkat di bawah direksi, namun memiliki tanggung jawab secara langsung kepada Presiden Direktur/CEO.

Intan Y. Septiani

FOTO: NOVA/INTAN Y. SEPTIANI