Wajah Cepat Tua Indikasi Penyakit Jantung

By nova.id, Rabu, 14 Agustus 2013 | 06:31 WIB
Wajah Cepat Tua Indikasi Penyakit Jantung (nova.id)

Wajah Cepat Tua Indikasi Penyakit Jantung (nova.id)

"Foto: Intisari-online.com "

Studi ini menemukan, orang yang memiliki tiga atau empat tanda-tanda fisik dari penuaan, seperti rambut rontok, kebotakan, lipatan di daun telinga, atau sekitar kelopak mata menguning (deposito lemak) cenderung memiliki 57 persen peningkatan risiko serangan jantung dan 39 persen penyakit jantung.

"Tanda-tanda penuaan mencerminkan fisiologis atau biologis usia, bukan usia kronologis, dan independen dari usia kronologis," kata Anne Tybjærg-Hansen, MD, penulis senior studi dan profesor biokimia klinis di University of Copenhagen di Denmark.

Tybjærg-Hansen dan rekan-rekannya mempelajari hampir 11.000 peserta tes sebagai bagian dari Copenhagen City Heart Study. Mereka berusia 40 atau lebih tua, dan hampir separuhnya adalah wanita.

Dalam kelompok studi, 7.537 peserta memiliki frontoparietal kebotakan, yang merupakan garis rambut rontok, 3.938 orang mengalami kebotakan di bagian atas kepala, 3.405 memiliki lipatan daun telinga, dan 678 memiliki simpanan lemak kuning di sekitar mata.

Selama periode 35 tahun, para peneliti menganalisis dan menemukan bahwa 3.401 dari mereka berisiko memiliki penyakit jantung dan 1.708 mengalami serangan jantung.

Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, petugas kesehatan, termasuk perawat dan teknisi laboratorium, meneliti subyek tes, mencatat jumlah uban, bagaimana keriput wajah mereka, jenis dan tingkat kebotakan, dan apakah mereka memiliki sebuah lipatan daun telinga atau deposito kelopak mata. Mereka harus mencari tanda-tanda eksternal dari masalah jantung, sementara juga mempertimbangkan risiko tradisional.

Melihat subyek tes baik secara individu maupun kelompok, peneliti menemukan tanda-tanda penuaan yang diidentifikasi adalah prediktor serangan jantung dan penyakit jantung, atau keduanya, tanpa mempertimbangkan faktor-faktor risiko tradisional, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, merokok, fisik tidak aktif atau obesitas.

Secara khusus, studi ini menemukan, timbunan lemak di sekitar mata merupakan prediktor tunggal terkuat dari kedua serangan jantung dan penyakit jantung.

Jadi jika seorang individu awalnya memiliki garis rambut surut atau rontok dan kemudian mengalami lipatan di telinga, risiko masalah jantung juga akan semakin meningkat. Tanda-tanda penuaan akan terus bertambah seiring bertambahnya usia mereka hingga 70-an dan risiko tertingginya ialah masalah koroner.

Ester