Langkah-langkah Menyembuhkan Diri dari Perceraian

By nova.id, Sabtu, 18 Mei 2013 | 13:08 WIB
Langkah langkah Menyembuhkan Diri dari Perceraian (nova.id)

Langkah langkah Menyembuhkan Diri dari Perceraian (nova.id)

"Ilustrasi "

Usai perceraian, kondisi hati tidak lantas menjadi baik. Butuh banyak waktu untuk bisa mengembalikan keceriaan dan motivasi hidup Anda. 

1.  Beri waktu untuk hati dan perasaan Anda bersedih. Hal inisebenarnya mampu membantu mempercepat pemulihan dan membuat Anda bangkit kembali, daripada Anda berusaha memendam rasa sakit itu. 

2. Minta dukungan dari keluarga dan teman. Masih ada orang-orang yangpeduli dengan Anda dan bersedia meluangkan waktunya. Minta mereka menemani Anda sekadar menonton film, pergi makan malam, atau datang dan nongkrong di kafe. Jangan mengisolasi diri. Tetaplah aktif dan bersosialisasi.

3. Berbicara dengan seorang terapis. Perceraian dapat membalut perasaan Anda dengan berbagai emosi dan hal itu biasanya akan sulit jika Anda mengelolanya sendiri. Bicaralah dengan seorang terapis berlisensi dengan pengalaman dalam membantu orang melalui perceraian.

4. Beri diri Anda waktu untuk "menyembuhkan" diri. Anda perlu menunjukkan kesabaran pada diri sendiri untuk dapat melalui fase sulitselama pemulihan perceraian. Proses ini dapat berlangsungberbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, jadi jangan terburu-buru dan biarkan emosi Anda secara alami bekerja keluar sendiri.

5. Atur jadwal dan tepatilah. Kadang pikiran Anda akan sangat mudahdikesampingkan oleh depresi, sehingga membangun suasana yang tak menentu. Buatlah jadwal mengenai kegiatan yang akan Anda lakukan setiap hari dan jalankan jadwal tersebut. Rutinitas sehari-hari akan membantu menjaga kehidupan Anda di jalur yang benar dan tidak akan memberi tempat untuk bersedi-sedih.

Ester Sondang