Kulit Saya Berkerut

By nova.id, Kamis, 3 Mei 2012 | 23:36 WIB
Kulit Saya Berkerut (nova.id)

Dok, saya punya beberapa pertanyaan:1. Bagaimana cara mengatasi kerutan yang efektif?2. Benarkah kerutan itu terbagi ke dalam beberapa macam?3. Apakah dengan facial bisa mencegah datangnya kerutan?4. Tolong jelaskan juga perawatan kerut apa yang tepat untuk usia 35 tahun?

Seiring bertambahnya usia kerutan pasti muncul, untuk mencegah agar kerutan tidak datang lebih awal, ada baiknya Anda melakukan perawatan sedini mungkin untuk mencegah hal itu terjadi. Perawatan yang dilakukan tentu saja berbeda, untuk mengatasi kerutan halus dan kerutan yang sudah dalam/permanen cara mengatasinya tentu tidaklah sama, mulai dari penggunaan krim, serum sampai treatment semuanya berbeda.

Pada dasarnya ada 3 jenis kerutan yang dialami oleh kulit kita,

- Static wrinkle, yaitu kerutan alami wajah yang terlihat saat posisi diam, kerutan ini adalah gambaran struktur kulit kita sendiri.

- Kerutan yang disebabkan karena aktifitas wajah, contohnya tertawa, berkedip, mengerutkan kening, dan menghisap rokok. Biasanya dilakukan berulang-ulang yang lambat laun akan menimbulkan garis kerutan yang nyata.

- Kerutan yang disebabkan oleh menurunnya produktifitas jaringan dan sel pembentuk kulit, yaitu kolagen dan elastin sesuai dengan pertambahan usia. Biasanya kerutan akibat bertambahnya usia dimulai saat usia beranjak matang, di atas 30 tahun. Saat inilah, area di sudut luar mata mulai menampakkan guratan-guratan halus. Kemudian menyusul di sekitar dahi dan sudut-sudut bibir.

Untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, sejak usia belia biasakan untuk melakukan perawatan dasar wajah secara rutin. Perawatan dasar ini meliputi pembersihan kulit wajah dengan cleansing milk, gel, atau oil, dilanjutkan dengan proses penyegaran dengan toner, kemudian pemberian nutrisi dengan mengoleskan serum dan moisturizer dan diakhiri dengan pemberian perlindungan dari paparan sinar matahari, UV A dan UV B. Produksi elastin dan kolagen akan tetap lancar dan otot-otot tetap terjaga pada posisinya sehingga memperlambat terjadinya kulit kendur yang akan menghasilkan kerutan di kulit.

 Perawatan intensif  

1. Perawatan pagi dan malam hari

Bagi yang berusia di atas 35 tahun, digunakan formula aktif yang lebih spesifik yang bisa mengencangkan atau firming. Perawatan intensif ini dilakukan secara teratur dengan menggunakan krim pagi dan krim malam.

2. Facial

Facial baiknya dilakukan sebulan sekali secara rutin. Facial merupakan perawatan deep cleansing/perawatan lebih dalam yang tidak bisa dijangkau dengan hanya menggunakan pembersih biasa.  Bila kondisinya parah, dokter ahli biasanya menyarankan facial 2 kali dalam sebulan. Bila kondisi kulit sudah terlihat lebih baik, Anda biasanya disarankan untuk menjaga kondisi tersebut dengan facial 1 kali sebulan.