Menikmati Alkohol Tanpa Harus Mabuk

By nova.id, Senin, 12 Agustus 2013 | 09:57 WIB
Menikmati Alkohol Tanpa Harus Mabuk (nova.id)

Menikmati Alkohol Tanpa Harus Mabuk (nova.id)

"Foto: Tabloidnova.com "

Ahli Gizi Neelanjana Singh dari Heinz Nutri Life Clinic, India memberikan beberapa tips minuman untuk melawan mabuk dan mengurangi efek alkohol bagi tubuh Anda.

"Beberapa faktor memengaruhi tingkatan alkohol diserap oleh tubuh," kata Singh. "Faktor yang paling penting adalah adanya makanan di perut. Jika ada makanan di perut, tingkatan alkohol yang akan diserap akan lebih lambat daripada ketika perut kosong. Jadi, akan lebih baik Anda makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi alkohol."

Beberapa mixer (campuran) pada minuman juga dapat melawan mabuk. "Apa yang Anda campur pada minuman juga sangat penting dan dapat mempengaruhi penyerapan. Misalnya, jus buah dan sayuran. Ketika dicampur keduanya dapat memperlambat proses penyerapan. Pada baris yang sama, jika seseorang menambahkan soda atau minuman berkarbonasi, tingkat penyerapannya akan naik."

Menambahkan kapur halus, kata Singh dapat memperlambat penyerapan alkohol. Sedangkan lime dapat mengurangi dampak alkohol pada hati juga.

"Berikut adalah salah satu situasi ketika lemak dalam diet mungkin tidak benar-benar diinginkan. Lemak cenderung tinggal di perut lebih lama dibanding nutrisi lainnya," jelas Singh.

Ternyata, mengkonsumsi makanan berminyak berat juga dapat membantu melawan mabuk, lho. "Tapi, barengi juga dengan minum jika yang banyak dan konsumsi makanan berminyak tidak berlebihan."

Alkohol juga dapat mempengaruhi hati dan juga kulit, sehingga mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan penuaan dini dan membuat Anda bergerak lamban. Jadi, sangatlah penting untuk mengontrol pengkonsumsian alkohol untuk mempertahankan kehidupan yang sehat.

Ester