Menata Beranda Ada Kiatnya, Lho!

By nova.id, Kamis, 30 Juli 2009 | 17:03 WIB
Menata Beranda Ada Kiatnya Lho! (nova.id)

Menata Beranda Ada Kiatnya Lho! (nova.id)

"Foto: Dok.NOVA "

Teras atau Terrace juga lebih umum disebut beranda. Keberadaannya seringkali difungsikan sebagai tempat bersantai atau sedang menunggu tamu.

Namun, pengertian ini jadi salah, karena beranda yang kita maksud adalah ruang penghubung antara ruang luar dengan ruang dalam bangunan utama. Terrace dalam bahasa inggris pun sebenarnya berjenjang, jadi memang banyak pemilik rumah yang membuat berandanya lebih tinggi dari ruang di sekitar.

Bagi pemilik rumah dengan lahan terbatas, pembuatan beranda sebenarnya tidak wajib memiliki ukuran yang besar. Atau malah kelewat luas. Sebab, banyak pemilik rumah yang lebih mempersilakan tamu atau kerabatnya untuk masuk langsung ke dalam rumah. Akhirnya beranda tak lagi banyak kegunaannya.

Perhitungan letak bangunan rumah yang berada di pinggir jalan utama atau besar, sebaiknya tidak membuat beranda yang terlalu besar. Apalagi dengan perabotan duduk yang lengkap. Letakkan beranda di belakang rumah, dengan demikian acara santai sambil ngobrol lebih nyaman. Jenis beranda yang lengkap dengan perabot seperti meja dan kursi bisa disebut patio.

Beberapa rumah yang tidak besar pun, memanfaatkan patio di belakang untuk ruang makan. Nah, ukuran ideal untuk beranda maupun patio tidak ada standarisasinya. Yang terpenting memenuhi kebutuhan pemilik rumah.

TIPS1. Sebaiknya teras disemarakkan dengan tanaman dalam pot. Besar atau kecilnya tanaman tergantung luas lahan. Artinya tidak mengganggu pemandangan ke arah yang lebih lapang. Atau sebaliknya, tanaman diperbanyak untuk membatasi ruang pandang sehingga orang luar tak dapat melihat langsung situasi dalam rumah.

2. Perhitungkan dengan cermat ruang gerak udara agar tak membatasi orang yang berada di beranda atau patio. Tiang atau partisi yang terlalu besar tak hanya membatasi ruang pandang namun juga sirkulasi udara.

MERENOVASI BERANDAGaya tropis atau mediteran merupakan gaya yang paling mudah untuk merenovasi penampilan beranda Anda.

Lahan tanah yang tadinya merupakan lahan tanaman diubah menjadi hamparan batu koral hias. Selaraskan dengan jenis tanaman air dalam pot, serta warna dinding yang kontras. Mudah kan?

Syahrindra SofyanFOTO-FOTO: Agus Dwianto, Daniel Supriyono, Widi Nugroho, Syahrindra Sofyan