Cairan Penguat Gigi

By nova.id, Jumat, 7 Januari 2011 | 17:00 WIB
Cairan Penguat Gigi (nova.id)

Anak saya berusia 24 bulan, giginya kurang lebih 20 buah pada bagian atas dan bawah. Gigi bagian depannya terkikis/geripis dan warnanya kecokelatan. Ia juga sering memasukkan jari tangannya ke mulut, sepertinya ada yang dirasa sakit. Apakah akan tumbuh gigi lagi atau ada kerusakan gigi?

Selama ini giginya hanya sekadar dilap dengan kain. Sangat sulit untuk membujuknya menggosok gigi. Adakah dokter gigi anak yang berpraktik di kota kami? Ataukah boleh dengan dokter gigi dewasa?

Adakah cairan atau obat untuk penguat gigi yang dapat saya berikan? Selama ini, saya rajin minum susu dan CDR 1 butir sehari. Anak saya minum susu 2-3 kali sehari. Terima kasih.

Kristinawati - Bandung

Seringnya anak Ibu memasukkan jari tangannya ke mulut, ada kemungkinan karena memang terdapat gigi yang sakit. Bukan karena gigi akan keluar (erupsi). Mengingat gigi yang erupsi saat ini sudah lengkap berjumlah 20 buah (10 buah atas dan 10 buah bawah).

Mengenai ada atau tidak dokter gigi di kota Ibu, Ibu dapat menanyakan melalui rumah sakit terbesar di kota Ibu. Sebaiknya memang pergi ke dokter gigi anak, karena tidak mudah memberikan perawatan gigi yang ideal terutama anak usia batita.

Memang ada tablet flour yang dapat dipakai untuk mencegah terjadinya lubang (karies), tetapi bila diberikan untuk saat ini hasilnya lebih mengarah pada pencegahan lubang ke gigi tetapnya. Pemakaian tablet ini tak boleh sembarangan, harus di bawah pengawasan dokter gigi anak. Karena pemakaian yang tidak tepat apalagi berlebih dapat menyebabkan kelainan berupa vlek putih sampai cokelat pada gigi tetapnya.