Mengatasi Anak yang Suka Ngamuk

By nova.id, Jumat, 1 Maret 2013 | 07:29 WIB
Mengatasi Anak yang Suka Ngamuk (nova.id)

Mengatasi Anak yang Suka Ngamuk (nova.id)

"Ilustrasi. Foto: Agus Dwianto/NOVA "

Hampir frustasi, sang Ibu merasa telah mencoba segala cara. Namun agaknya perilaku anak sangat sulit ditolong. Sepertinya, semua hal membuatnya marah.  Anehnya, menurut laporan tempat penitipan atau sekolahnya, si kecil tidak pernah berulah di sana. Lantas, apakah anak hanya melempar tantrum ketika berada di dekat Ibunya? Dan, bagaimana cara mengatasinya?

Bisa Disebabkan Sibling Rivalry

Beberapa perilaku  dapat disebabkan  persaingan antar saudara atau sibling rivalry. Apalagi jika sekarang Ia telah memiliki adiknya dan sedang memasuki fase  mulai berjalan. Jelas anak yang lebih tua akan mencari perhatian di rumah melalui amarah. Hal ini semakin positif jika mengingat anak cenderung berperilaku  baik di sekolah.

Terapkan Disiplin Sekolah

Bicarakan soal struktur yang dikerjakan di sekolah oleh anak dengan  guru-gurunya dan  coba terapkan disiplin yang serupa di rumah.

Kuatkan Perilaku dengan Kasih Sayang dan Perhatian

Cobalah untuk menggunakan banyak penguatan positif dan membuat anak sibuk. Jika temper tantrum anak  meningkat dan ia akan semakin  agresif terhadap Anda atau saudaranya.  Anda harus tegas dan tetap pada rencana semula. Letakkan bayi di kotak bermain atau tempat yang aman.  Lalu, hadapi anak yang temper tantrum dengan memberinya time-out selama dua menit. Atau bisa jadi diperlukan time-out satu jam untuk  awalnya, namun konsisten dan ikuti perilaku anak.  Anda akan melihat perubahan dalam dirinya.  

Laili/ dari berbagai sumber