Melatih Anak Agar Mandiri

By nova.id, Selasa, 26 Februari 2013 | 04:11 WIB
Melatih Anak Agar Mandiri (nova.id)

Melatih Anak Agar Mandiri (nova.id)

"Ilustrasi. Foto: Adrianus Adrianto/NOVA "

Manfaat Belajar Kemandirian

Menjadi orang dewasa yang terampil, anak butuh belajar beberapa  keterampilan  untuk:

Menerima kondisi yang minim dan meraih lebih banyak bertanggung jawab

Membuat keputusan dan memecahkan masalah

Bekerja diluar nilai-nilai kehidupan

Membentuk identitasnya sendiri

Perdebatan Adalah Wajar

Adalah umum bagi orangtua dan remaja  tidak selalu sepakat tentang kemandirian dan kebebasan.  Biasanya soal kapan remaja bisa memiliki kemerdekaan dan sejauh apa kebebasan yang dimiliki. Sesuatu yang  wajar bagi para orangtua untuk khawatir jika dirinya telah memberikan anak terlalu banyak kebebasan atau kebebasan yang terlalu dini. Ini dapat menimbulkan perilaku yang berisiko. Dikatakan normal, jika orangtua selalu ingin menjaga anak-anak tetap aman.  

Kesalahan Adalah Pelajaran

Ingat, anak  perlu belajar dari  beberapa kesalahan yang dibuatnya. Ini bermanfaat untuk mengeksplorasi dan memiliki pengalaman baru. Hal ini juga akan membantunya belajar soal hidup dan terus memacu perkembangan otaknya.

Menyeimbangkan antara kebutuhan kemandirian anak  dan kekhawatiran, kerapkali merupakan masalah mempertahankan hubungan positif dengan anak serta memberikan lingkungan keluarga yang sehat. Bagaimana anak  mengembangkan kemandirian, dan bagaimana Anda membimbing proses ini, akan dipengaruhi oleh latar belakang budaya keluarga  dan keyakinan.

Laili / dari berbagai sumber