Tips Mencuci Pakaian dengan Tangan

By nova.id, Kamis, 18 Juli 2013 | 08:45 WIB
Tips Mencuci Pakaian dengan Tangan (nova.id)

Tips Mencuci Pakaian dengan Tangan (nova.id)

""

Saat mesin cuci rusak, Anda tidak perlu panik. Kalau ibu-ibu zaman dulu bisa mencuci dengan tangan, Anda pasti juga bisa.

Pertama, Anda harus memastikan wastafel Anda bersih. Ya, salah satu tempat yang paling mungkin dan memudahkan Anda mencuci dengan tangan adalah wastafel.

Kedua, tutup lubang wastafel dan penuhi wastafel dengan air. Usahakan airnya tetap dingin atau suam-suam kuku, jangan panas.

Ketiga, jangan mencampur pakaian putih dengan yang berwarna.

Keempat, tuangkan detergen ke dalam air, lalu masukkan pakaian kotor satu-persatu ke dalamnya. Dengan begitu, sabun akan didistribusikan secara merata pada pakaian.

Kelima, jika pakaian Anda sangat kotor, Anda mungkin tergiur untuk merendamnya semalaman.

Sebaiknya, jangan terlalu lama. Cobalah hilangkan noda dengan menggosokkan sabun cuci langsung ke noda menggunakan sikat kecil di kedua sisi (luar dan dalam).

Keenam, setelah dibilas, peras pakaian dengan lembut.

Ketujuh, jangan menjemur pakaian dengan cara digantung karena gantungan baju bisa menarik serat pakaian. Sebaiknya jemur dengan cara membaringkannya di media yang datardi mana di bagian bawah dan atas pakaian (basah) diletakkan handuk putih. Cara ini juga bisa menyerap sisa-sisa kotoran pada pakaian ke handuk.

Ester/Berbagai Sumber