6 Kesalahan di Dapur

By nova.id, Rabu, 17 Juli 2013 | 06:01 WIB
6 Kesalahan di Dapur (nova.id)

6 Kesalahan di Dapur (nova.id)

"Ilustrasi: Tabloid NOVA "

1. Berulang kali memasak masakan yang sama, bukan berarti Anda bisa melewatkan sesi mencicipi sebelum menyajikannya. Pasalnya, rasa masakan tak cuma dipengaruhi bumbu. Bahan, besar kecil api, bahkan lidah Anda di saat tersebut turut andil.

2. Sebelum membuat masakan, bacalah resep sekali lagi dengan saksama. Setelah itu, selalu siapkan semua bahan sehingga Anda bisa lebih santai saat memasak.

3. Seringkali resep dessert meminta Anda melelehkan cokelat dengan cara ditim. Nah, bila Anda terlalu lama melelehkannya, cokelat malah akan berbutir-butir dan hangus. Jadi, timlah di atas api kecil dan angkat sebelum cokelat meleleh sempurna.

4. Memasak bahan serupa dalam waktu sekaligus akan membuatnya lembap atau melempem sebab uap yang seharusnya menyebar malah "terjebak" di antara tumpukan bahan di dalam panci atau wajan.

5. Ternyata, cara terbaik memisahkan putih telur dari kuning telur adalah dengan "menyaring" telur menggunakan tangan Anda. Jangan lupa, simpan wadah di bawah tangan untuk menampung putih telur. Lalu, sebelum dikocok, diamkan dulu selama beberapa saat hingga mencapai suhu ruang.

6. Membolak-balik makanan terlalu sering akan membuat matangnya tidak merata. Apalagi jika Anda memasak makanan yang dilapisi tepung roti, makanan tak akan tertutup sempurna.

Astrid Isnawati/dari berbagai sumber