Memasak Sate Maranggi Sendiri

By nova.id, Senin, 6 Januari 2014 | 04:16 WIB
Memasak Sate Maranggi Sendiri (nova.id)

Judul Buku: Masakan Serba PanggangPenulis: Tim Ide MasakPenerbit: PT Gramedia Pustaka UtamaTebal: 52 halaman

Memasak dengan cara memanggang tampaknya masih dianggap merepotkan, sehingga belum banyak orang yang mempraktekkannya untuk hidangan sehari-hari. Masakan yang sudah populer, seperti ayam bakar atau ikan bakar, biasanya dirasa lebih praktis kalau dibeli di warung saja.

Memanggang makanan akhirnya hanya dilakukan pada acara-acara khusus, seperti pesta barbeque di malam tahun baru atau ulang tahun. Atau, memanggang kue atau kukis, yang tidak setiap hari dilakukan.

Padahal, teknik memasak dengan cara memanggang sebenarnya lebih baik, dan karenanya perlu dibiasakan untuk memasak sehari-hari. Memanggang dengan cara tertentu akan membuat bahan makanan yang dipanggang tidak tercampur minyak atau lemak yang keluar selama proses memanggang. Pengaturan suhunya pun dapat mencegah kerusakan kandungan gizi makanan.

Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk masakan serbapanggang, entah itu untuk dipanggang di dalam oven, di atas jeruji pemanggang, atau di atas bara api langsung. Misalnya ayam, daging sapi (terutama daging has luar dan sandung lamur/brisket), udang, ikan, cumi, juga sayur dan buah seperti nenas, paprika, tomat, dan bawang bombay.

Sebelum dipanggang, bahan-bahan ini bisa dibumbui dengan bahan seperti madu, saus tiram, minyak zaitun, lada hitam, kecap inggris, daun salam, atau saus barbeque.

Ada 22 resep serbapanggang yang disiapkan dalam buku ini, yang masing-masing disertai foto satu halaman. Asyiknya, banyak di antaranya yang merupakan resep jajanan yang populer. Siapa yang tak kepingin menikmati Sate Maranggi ala Cibungur yang ditemani sambal kecap dengan tomat dan cabe rawitnya yang khas? Hanya saja, di sini sate marangginya menggunakan daging sapi.

Ada pula resep Sate Tegal, Ayam Panggang Bumbu Rujak, Ikan Bakar Jimbaran, Ikan Bakar Padang, Udang Bakar Bumbu Makassar, juga Cumi Bakar Pedas dan Iga Kambing ala Maroko. Ingin yang lebih sederhana, ada Ayam Panggang Pedas dan Bebek Panggang Saus Jeruk yang bisa dipanggang dalam oven.

Resep yang ditawarkan menggunakan bahan-bahan yang biasa Anda temukan di pasar tradisional. Kecuali, mungkin, resep Kebab Domba Afrika yang membutuhkan daging domba serta roti pita. Ada campuran daun aromatik seperti daun mint atau dill, serta sour cream, yang mungkin harus dibeli di supermarket.

Dengan buku resep Masakan Serba Panggang, kini tak perlu lagi membeli makanan tersebut di warung atau restoran.

Dini Felicitas