Lomba Sosialisasi Kondom di Sosial Media

By nova.id, Jumat, 15 November 2013 | 04:13 WIB
Lomba Sosialisasi Kondom di Sosial Media (nova.id)

Lomba Sosialisasi Kondom di Sosial Media (nova.id)

"Foto: Laili "

Tahun ini, KPAN juga menggandeng DKT-Indonesia, organisasi penyedia layanan kontrasepsi dan KB swasta yang berbasis di Washington D.C., dimana dua produk mereka yakni kondom Fiesta dan Sutra merupakan produk terlaris di Indonesia. "Untuk tahun 2013 ini saja, sudah dicapai angka pemasaran sosial sebanyak 150 juta kondom di seluruh Indonesia. Angka ini kami persembahkan bagi Indonesia. Dan kami berharap ke depan akan jauh lebih baik lagi," ungkap Todd Callahan, Country Director DKT Indonesia.

Todd berharap distribusi dan penggunaan kondom di Indonesia akan berimbang dengan populasi negeri ini. Selama ini, DKT telah mensosialisasikan penggunaan kondom melalaui iklan layanan masyarakat. "Iklan ini sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan," harapnya.

Disisi lain, Dr. Kemal Siregar, Sekretaris KPAN masih menyoroti kesadaran pada kelompok berisiko terjangkit HIV/AIDS masyarakat Indonesia. "Kita tahu, AIDS ataupun HIV bukanlah virus yang mudah menular. Namun 80% penularan HIV di Indonesia berasal dari hubungan seks yang tidak aman. Angka ini menunjukkan masih kurang penggunaan kondom di kalangan lelaki berisiko tinggi," keluhnya.

Melalui Pekan Kondom Nasional 2013 (PKN), KPAN akan memulai gerakan mewujudkan kepedulian terhadap HIV/AIDS. Selama acara berlangsung, KPAN akan menggelar kampanye edukasi bertema Protect Yourself, Protect Your Partner. "Bentuknya ada yang dengan Bis Kondom maupun membagi-bagikan materi tentang HIV/AIDS. Mobil kondom akan keliling Jakarta dan memberi kuis Sex IQ di kampus-kampus serta tempat-tempat nongkrong," terang Kemal.

Di Puncak acara, akan dilakukan Konser GOYANG SUTRA yang akan diselenggarakan di lapangan Yonif Mekanis 201, jalan Raya Bogor Km 28, Gandaria, Jakarta Timur dan mendatangkan artis-artis pendukung gerakan ini, mulai Julia Perez, Seruni Bahar dan Iceu Wong.

Acara ini nantinya akan tayang secara langsung di salah satu televisi swasta dan dapat diakses secara streaming diwww.kondomsutra.net.

Bagi para pemerhati kesehatan reproduksi khususnya pencegahan HIV/AIDS, masih ada satu aktivitas lomba foto media sosial mengenai pentingnya penggunaan kondom yang diunggah di Instagram, Twitter, dan Facebook.

"Lomba ini bisa untuk masyarakat umum. Nanti. pemenang akan berkesempatan mengunjungi DKT Brazil di Sao Paulo dan Rio de Janeiro," tandas Akmal sembari menjelaskan peserta untuk follow instagram atau twitter PekanKondom2013 atau Facebook : Pekan Kondom Nasional (FiestaCondomsindo) maupun twitter @FiestaCondoms. Foto yang diikutkan diberi hastag #PekanKondom2013.Laili