Atlet Wushu Malaysia Terbukti Doping, Indonesia Raih Satu Emas Lagi

By nova.id, Rabu, 1 Oktober 2014 | 03:46 WIB
Atlet Wushu Malaysia Terbukti Doping Indonesia Raih Satu Emas Lagi (nova.id)

Atlet Wushu Malaysia Terbukti Doping Indonesia Raih Satu Emas Lagi (nova.id)

"Juwita Niza Wasni meraih medali emas dari cabang wushu (foto: KOMPAS.COM / AFP PHOTO) "

TabloidNova.com - Kabar gembira datang dari ajang Asian Games 2014 yang digelar di Incheon, Korea Selatan. Tepatnya dari cabang wushu yang digelar pada Sabtu (25/9) lalu. Nama Indonesia kembali harum usai Juwita Niza Wasni resmi memperoleh medali emas setelah sebelumnya medali emas milik Malaysia yang didapat atletnya yang bernama Tai Cheau Zuen dibatalkan.

Pembatalan penyerahan medali emas pada Tai Cheau Xuen di nomor nanwuan dannandao itu akibat yang bersangkutan gagal tes doping. Karena pembatalan tersebut, akhirnya Juwita lah yang berhak mendapatkan medali emas menggantikan Tai Cheau Xuen. Sebelumnya, Juwita berada di urutan kedua di bawah atlet Malaysia tersebut.

Tak hanya itu, karena Juwita naik ke peringkat pertama sebagai juara yang berhak atas medali emas, maka otomatis salah satu atlet wushu Indonesia yang lain yang bernama Ivana Ardelia Irmanto yang tadinya ada di peringkat keempat pun naik ke peringkat ketiga dan sekaligus membawa pulang medali perunggu. Sementara medali perak kini jadi milik atlet Tiongkok, Wei Hong.

Dengan perubahan perolehan medali ini, otomatis Indonesia sudah mencatatkan diri dengan raihan empat medali emas, empat perak dan sembilan perunggu. Sementara, Indonesia berada di posisi ke-14. Di lain pihak, Malaysia menanggung kerugian besar karena kasus gagal tes doping ini. Dengan dicabutnya medali emas Tai, maka posisi Malaysia kini merosot ke peringkat 16.

Yetta Angelina / Sumber: Kompas.com