Hari Ini, Ahok Sampaikan Pengunduran Diri dari Gerindra

By nova.id, Rabu, 10 September 2014 | 04:59 WIB
Hari Ini Ahok Sampaikan Pengunduran Diri dari Gerindra (nova.id)

Hari Ini Ahok Sampaikan Pengunduran Diri dari Gerindra (nova.id)

"Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (foto: KOMPAS.COM / Fikria Hidayat) "

TabloidNova.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok, nampaknya serius ingin membuktikan ucapannya soal keinginan mengundurkan diri dari Gerindra, partai yang selama ini menaunginya. Bahkan, kata Ahok, ia sudah menyampaikan niatnya ini kepada Fraksi Gerindra di DPRD DKI. Rencananya, Ahok akan menyiapkan surat pengunduran diri untuk berhenti sebagai kader partai Gerindra hari ini.

Menurut informasi yang dilansir Kompas.com, surat pengudnruan diri Ahok akan langsung dikirimnya ke DPP Partai Gerindra. Ahok yang saat ini tercatat sebagai Ketua Bidang Politik DPP ini merasa dirinya sudah tidak lagi sepaham dengan partai. Terutama menyangkut kebijakan dan aturan yang saat ini tengah ramai dibicarakan, yakni pemilihan kepala daerah melalui DPRD yang bukan secara langsung oleh rakyat. Menurut Ahok, aturan itu dinilai sebagai langkah mundur.

(Baca juga: Basuki Tjahaja Purnama dan Kisah ''Pemburu Harimau'' dari Gantung)

"Bagi saya, Partai Gerindra sudah tidak sesuai dengan perjuangan saya untuk memberikan rakyat sebuah pilihan terbaik," ujar pria asli Belitung ini. Kata Ahok lagi, keinginan Koalisi Merah Putih untuk menolak pemilihan kepala daerah lewat DPRD akan menghilangkan nilai demokrasi dan reformasi yang selama ini susah payah dibangun di dalam pemerintahan.

Bahan jika aturan tersebut disetujui dan diberlakukan, maka bisa djiamin, kepala daerah bisa menjadi "sapi perah" yang bisa dikuasai oleh DPRD.

(Baca juga: Jadi Gubernur, Ahok Siapkan Tenaga untuk Tandatangan)

Soal rencana pengunduran diri Ahok ini ternyata ditanggapi santai oleh pengurus Partai Gerindra. Ketua DPP Partai Gerindra DKI Jakarta, M Taufik, bahkan mempersilakan Ahok untuk mundur dari partainya dan agar Ahok segera membuat surat pengunduran dirinya.

Yetta Angelina / Sumber: Kompas.com