Tom Hanks: Saya Lulus SMU dengan Nilai Payah

By nova.id, Jumat, 16 Januari 2015 | 03:09 WIB
Tom Hanks Saya Lulus SMU dengan Nilai Payah (nova.id)

Tabloidnova.com - Tom Hanks bersyukur dengan adanya Kampus Komunitas (semacam Universitas Terbuka) yang sangat membantunya mengejar pendidikan. Itu sebabnya, lewat tulisannya di koran New York Times, ia mendukung proposal presiden Obama untuk membebaskan biaya pendidikan kampus semacam itu.

"Saya lulus SMU dengan nilai payah  di Oakland, Kalifornia. Nekat coba mendaftar ke tiga kampus paling prestisius tapi sadar aplikasinya bakal tidak diterima karena memang nilainya jelek. Sampai sekarang ini, tidak mungkin saya bisa merasakan dunia kampus jika tidak ada kampus komunitas," terang aktor 58 tahun itu.

Karena gagal diterima dimana-mana, ia pun akhirnya kuliah di Chabot College, yang merupakan sebuah kampus komunitas untuk mendapatkan ijasah D2-nya. Selama kuliah di situ, Tom mengaku ada satu mata kuliah yang membuatnya terkesima dan membentuk jati dirinya sekarang sebagai aktor. Mata kuliah itu adalah teater.

"Saya berkesempatan mempelajari karya teater terkenal dan belajar langsung seluk beluk produksinya. Karya teater itu memenuhi kepala saya dengan mimpi-mimpi luas. Dan saya mendapat nilai A," ujar aktor pemeran "Forrest Gump" ini.

Saking terinspirasinya dengan metode pendidikan seperti ini, ia memproduksi film "Larry Crowne" yang menceritakan pria paruh baya yang berusaha kuliah lagi setelah kehilangan pekerjaannya. Kebanggaannya menempuh pendidikan melalui kampus komunitas ini pun ia pamerkan pada anaknya.

"Beberapa tahun lalu, saya keliling kampus dengan salah satu anak saya dan bernostalgia masa kuliah saya dua tahun di situ. Saya bilang padanya jika tempat inilah yang membentuk saya sekarang."

Syanne/Tabloidnova.com

Sumber: E! Online