Pekerja Bangunan di Stadion Piala Dunia Tewas Terjatuh

By nova.id, Selasa, 1 April 2014 | 07:37 WIB
Pekerja Bangunan di Stadion Piala Dunia Tewas Terjatuh (nova.id)

TabloidNova.com - Sudah tujuh pekerja meninggal dunia semenjak rekonstruksi stadion Piala Dunia dimulai. Terakhir, Sabtu (29/3) lalu satu pekerja lagi meninggal dunia di lokasi proyek yang akan menjadi venue Piala Dunia 2014.

Diungkapkan sekretariat Serikat Pekerja Sao Paulo, pekerja atas nama Fabio Hamilton da Cruz (23) meninggal setelah terjatuh dari ketinggian 8 meter ketika memasang kursi temporer di stadion. Setelah melakukan penyelidikan awal, pihak berwenang menemukan fakta bahwa Fabio tak memasang kabel pengaman. Kecelakaan kerja itu pun berakibat fatal pada dirinya. Menurut saksi-saksi, Fabio semestinya hanya perlu melakukan tugas ringan yang bisa diselesaikan di sebuah lokasi.Serikat Pekerja di Sao Paulo Arena terpaksa mengeluarkan kebijakan menghentikan sementara rekonstruksi stadion The Itaquerao yang sejatinya akan dijadikan lokasi laga Piala Dunia 2014, sampai akhir minggu ini. Tak pelak, ini membuat panitia penyelenggara Piala Dunia di Brazil pusing karena sulit menyiapkan lokasi pertandingan pembukaan dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Sesaat setelah kejadian kecelakaan kerja, pihak kontraktor Fast Engenharia segera mengerahkan peralatan keselamatan yang diperlukan.Pada Senin (31/3) malam, Fast Engenharia segera mengeluarkan pernyataan resmi. "Direksi perusahaan akan menganalisis tuntutan teknis yang dibuat (serikat kerja) Selasa (2/4) ini, dan kemudian akan membuat pengumuman tentang kasus konsekuensi untuk jadwal konstruksi."Hingga kini pihak panitia Piala Dunia (di Brazil) dan FIFA sendiri belum menjawab atau pun memberikan komentar terkait kejadian tersebut.Persiapan Brasil untuk Piala Dunia dinodai oleh beberapa kecelakaan dan tenggat waktu yang tidak tercapai. Sebelumnya, pengerjaan stadion The Itaquerao pernah mengalami kerusakan akibat kecelakaan yang menewaskan dua pekerja, menyusul runtuhnya derek pada akhir November 2013 lalu. Saat itu, sebuah struktur atap raksasa jatuh di bagian fasad stadion. 

The Itaquerao sendiri merupakan salah satu dari enam stadion yang akan digunakan pada perhelatan Piala Dunia 2014. Namun kondisinya belum layak digunakan untuk event akbar yang diperkirakan akan menyedot ribuan penonton ke stadion tersebut. Karena itu panitia meminta renovasi stadion (termasuk penambahan 20.000 kursi penonton) selesai di pertengahan Mei, atau sebelum pembukaan resmi Piala Dunia 2014 pada 12 Juni mendatang.Laili Damayanti/AP