Berniat Ibadah Umrah Saat Bulan Ramadan? Baca Tips Berikut (Bagian 1)

By , Sabtu, 3 Juni 2017 | 07:00 WIB
panduan lengkap ibadah umrah saat bulan Ramadan dari tabloidnova.com (Nova)

Menjalani ibadah umrah saat bulan Ramadan tentu menjadi pengalaman spiritual yang tidak akan terlupakan bagi masing-masing umat muslim. Selain suasana religi akan sangat kental terasa, ibadah umrah saat bulan puasa dipercaya menambah sikap khusyuk dan kadar keimanan bagi yang menjalankannya.

Tentu siapapun yang berniat ibadah umrah sambil berpuasa menginginkan proses ibadah yang maksimal selama berada di tanah suci. Meski demikian, aktivitas ibadah harus diatur supaya semuanya berjalan lancar.

tabloidnova.com berkesempatan langsung mengunjungi tanah suci sekaligus sambil menjalankan ibadah umrah kemarin. Semoga rangkuman pengalaman plesiran tabloidnova.com dapat menjadi panduan bagi Anda yang berniat ibadah umrah saat bulan puasa.

Baca: Nikmatnya Berbuka Puasa Saat Umrah di Bulan Ramadan

Ketahui kondisi terkini • Ramadan tahun ini bertepatan dengan musim panas. Di Makkah dan Madinah suhu udara bisa menjacapi titik ekstrem 50 derajat Celsius. Pastikan untuk makan dan minum cukup saat buka dan sahur sehingga terhindar dari dehidrasi. • Bila tidak berada di masjid, sebaiknya istirahat di hotel, mengingat cuaca di luar sangat panas. • Bila area tawaf terlalu padat, ibadah tawaf bila dilakukan di mataf yang baru di bagian atas.

Baca: Matahari Bersinar Sepanjang Hari, Warga Kiruna Terpaksa Buat Aturan Puasa Sendiri

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Umrah Ramadan umumnya ditawarkan dalam paket 9 hari, 15 hari, dan sebulan penuh. Perlengkapan yang dibawa sebaiknya disesuaikan. Berikut di antaranya: • Bawa pakaian secukupnya. Untuk umrah 9 hari bisa dibawa sekaligus, sehingga tidak perlu mencuci/laundry selama di sana. • Lebih praktis membawa pakaian model gamis dan kerudung instan yang bahannya nyaman seperti katun atau kaus. Untuk pria, baju koko atau pakaian ala Pakistan umum dikenakan. • Kaus kaki dan manset tangan jangan terlupa. • Khusus untuk umrah Ramadan, sebaiknya membawa kotak makan dan minum yang praktis. Kotak makan dan minum ini sangat berguna untuk membawa bekal ke masjid. Atau kalau mengajak anak kecil, bisa untuk membawakan makan sahur ke kamar hotel.

Ingin tahu lebih detail tips ibadah umrah saat bulan puasa? baca lanjutannya Berniat Ibadah Umrah Saat Bulan Ramadan? Baca Tips Berikut (Bagian 2)

Penulis: Marfuah Pandji Astuti/TabloidNOVA