Pesawat Hercules Jatuh di Medan, Pilot Sempat Minta Kembali ke Pangkalan

By nova.id, Rabu, 1 Juli 2015 | 03:45 WIB
Pesawat Hercules jatuh di Medan (nova.id)

Kabar pesawat Hercules jatuh di Medan Selasa (30/6) siang, kemarin. Pesawat milik TNI AU ini dikabarkan jatuh di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan.

Lokasi jatuhnya pesawat jenis angkut militer tipe C-130 ini persis di dekat Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, bekas Bandara Polonia Medan.

Diduga, penyebab pesawat Hercules jatuh di Medan ini adalah adanya kerusakan mesin.

Dugaan itu diperoleh berdasarkan permintaan pilot untuk kembali ke pangkalan (return to base) beberapa saat setelah lepas landas atau take off dari Lanud Soewondo, Medan.

"Pilot minta kembali, pasti ada sesuatu kerusakan. Namun, pada saat handle kembali, ternyata tidak mampu, hingga terjadi kecelakaan," kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriyatna, seperti dikutip Tribunnews di Medan, Selasa.

Meski begitu, ia mengatakan, ini baru dugaan. Penyebab jatuhnya pesawat Hercules di Medan baru bisa dipastikan setelah pemeriksaan lebih lanjut.

"Saya belum bisa mengonfirmasi kepada mereka-mereka (pihak yang terlibat). Namun, biasanya, bisa kerusakan di salah satu mesin atau (perangkat) hidrolik," kata dia.

Pesawat Hercules yang jatuh di Medan ini menimpa permukiman warga di Jalan Jamin Ginting dan sebuah mobil Fortuner. Hingga pukul 21.00, Rumah Sakit Umum Pusat Adam Malik telah menerima 74 kantong jenazah.

Pesawat dengan nomor lambung A-1310 itu membawa 101 penumpang dan 12 awak pesawat.

Feriansyah Nasution/Tribunnews.com