Ini Alasan Glenn Fredly Memilih Keluar dari Label Besar

By nova.id, Minggu, 14 September 2014 | 23:25 WIB
Ini Alasan Glenn Fredly Memilih Keluar dari Label Besar (nova.id)

Ini Alasan Glenn Fredly Memilih Keluar dari Label Besar (nova.id)

"Glenn Ferdly kini lebih memilih untuk berkarya melalui jalur independen atau indie. (FOTO: INTAN Y. SEPTIANI/NOVA) "

Tabloidnova.com - Tampaknya masih belum banyak yang tahu bahwa penyanyi berdarah Maluku, Glenn Fredly, kini sudah tidak bernaung di bawah label musik besar untuk memproduksi album-albumnya. Sudah beberapa tahun ini Glenn memutuskan untuk independen atau mengambil jalur indie, termasuk dalam memproduksi dan mendistribusikan album musiknya.

Tentu Glenn memiliki alasan mengapa ia memilih sikap yang jauh lebih idealis dibandingkan sebelumnya. "Sebetulnya kalau kita lihat musisi luar negeri, ketika mereka datang melakukan konser atau menjual albumnya, tentu juga tetap memasukkan unsur idealisme mereka. Tapi toh buktinya tetap bisa dijual, kan. Nah, itu juga yang ingin saya lakukan. Idealisme juga bisa, kok, diterima dengan baik oleh pasar," papar Glenn.

Bahkan Glenn sangat percaya diri, karya-karyanya tetap akan diterima baik oleh penggemarnya jika diproduksi dengan kualitas yang baik. Bahkan belakangan ini Glenn kerap memasukkan unsur kampanye atau gerakan tertentu yang tujuannya untuk melestarikan dunia musik Indonesia.

"Yang namanya indrustri, baik di film, musik atau bidang lain, tentu tujuannya adalah uang. Tapi apakah semuanya harus diukur dengan uang? Nah, saya ingin membuktikan bahwa dengan tetap mempertahankan idealisme, pasar masih melirik kita. Apalagi jika seorang musisi bisa menghasilkan karya yang berbeda, tidak seragam seperti yang dituntut oleh industri yang sudah ada," papar Glenn.

Sebagai salah satu bentuk idealismenya dalam bermusik, yakni dengan melakukan gerakan "Save Lokananta". Lokananta adalah sebuah perusahaan rekaman (label) yang didirikan pada tahun 1956 dan berada di Solo (Jateng). Label lokal ini pernah sangat berjaya merekan sejumlah lagu tradisional dan memproduksi piringan hitam. Sayang, Lokananta seolah sudah dilupakan banyak orang.

Maka dari itu, Glenn mengambil inisiatif untuk membuat rekaman secara live di studio remakan Lokananta yang ternyata alat-alat rekaman yang ada di tempat ini merupakan standar internasional semua. Hingga dirilislah album yang berisi 11 lagu, kompilasi lagu lama dan baru, yang diberi judul Glenn Fredly & The Bakuucakar Live At Lokananta, yang diproduksi secara indie di akhir tahun 2012 lalu.

"Ya, itulah yang saya maksud. Dan saya rasa tidak hanya saya yang sudah melakukan hal semacam ini. Ada banyak musisi indie lain yang juga sudah melakukannya. Jadi saya sangat yakin, dengan jalur yang saya ambil saat ini tidak salah. Apalagi sekarang musisi indie semakin menggeliat. Jadi bisa saya bilang, pergeseran ke konsep musik yang lebih idealis itu sudah terjadi sekarang ini," katanya dengan nada pasti.

Intan/Tabloidnova.com