Wow, JKT 48 Jadi Special Partner untuk Game Kartu Digital Aikatsu

By nova.id, Kamis, 11 September 2014 | 13:27 WIB
Wow JKT 48 Jadi Special Partner untuk Game Kartu Digital Aikatsu (nova.id)

Wow JKT 48 Jadi Special Partner untuk Game Kartu Digital Aikatsu (nova.id)

"Sebagian anggota JKT 48 saat menghadiri peluncuran game kartu digital populer asal Jepang, Aikatsu. (FOTO: DOK. VECTOR) "

Tabloidnova.com - Pada Rabu (10/9) lalu salah satu permainan kartu digital yang sangat populer di kalangan remaja putri di Jepang, Aikatsu, yang dikeluarkan oleh perusaaan Bandai Co. Ltd. dari Jepang, baru saja diluncurkan di JKT 48 Theater, fX Lifestyle X'enter, Jakarta.

Di Indonesia, Bandai dikenal sebagai perusahaan Jepang pembuat mainan dan produsen sejumlah besar model kit plastic, yang kantornya berpusat di Taito, Tokyo. Permainan Aikatsu, yang di Jepang disebut juga Idol Katsudo (Idol Activity atau Aktivitas Idola), merupakan games yang mengisahkan tentang semangat seorang gadis dalam mewujudkan mimpinya menjadi idola yang terkenal.

Aikatsu adalah permainan seperangkat kartu digital yang mengandung berbagai macam style pakaian dan aksesori, di mana para pemain dapat menjadikan tokoh yang dimainkannya seorang idola, dengan mengganti pakaian mereka dan mengikuti tantangan berbagai macam audisi, show, dan performance dengan memindai kartu digital.

Cara menggunakannya, cukup memasukkan kartu yang ingin digunakan ke dalam special card reader. Dan secara otomatis pakaian itu pun akan menempel di tubuh sang idola. Di Jepang, diperhitungkan ada sekitar 110 juta kartu digital Aikatsu yang telah terjual dalam kurun waktu 1,5 tahun sejak pertama kali diluncurkan.

Dan menurut data, jumlah total penjualan dari seluruh produk yang berkaitan dengan Aikatsu produksi Bandai Namco Holdings, mencapai 15,9 milliar yen atau sekitar Rp1,6 miliar, per Maret lalu. Wow!

Sementara itu, berdasarkan hasil kuesioner tentang "Karakter Favorit Bagi Anak-anak" yang dilakukan Bandai kepada orangtua yang memiliki anak usia di bawah 12 tahun pada Mei lalu, Aikatsu berhasil menduduki urutan pertama kategori 'karakter wanita terfavorit'. Hal ini menunjukkan, karakter Aikatsu sudah sangat populer dan dikenal luas di Jepang.

Dam pada peluncuran permainan Aikatsu ini juga sekaligus diumumkan akan ditayangkannya serial teve animasi favorit Jepang berjudul sama dengan permainnya, Aikatsu, di stasiun teve RCTI, mulai Sabtu, 20 September mendatang.

Sementara itu, Bandai secara bertahap akan mulai memasang mesin kartu hiburan Aikatsu mulai Oktober mendatang di sejumlah tempat hiburan dan mainan anak.

Pada jumpa persnya Rabu lalu, yang dihadiri oleh Mr. Harada (Deputy General Manager, Card Business Department Bandai) dan Mr. Reino R. Barack (Senior Vice President, Business Development, PT Global Mediacom Tbk.), girlband JKT 48 yang berafiliasi dengan gilrband induknya di Jepang, AKB 48, diperkenalkan sebagai special partner yang berkolaborasi bersama Aikatsu di Indonesia.

Dua anggota JKT 48, Nabilah dan Haruka Nakagawa mengaku sangat senang bisa menjadi bagian dari permainan yang sangat populer di Jepang. Apalagi Haruka, yang memang masih berwarga negara Jepang, bias mengobati keriunduannya untuk bermain game khas dari kampung halamannya itu.

Intan/Tabloidnova.com