Satu Keluarga Besar Diduga Terjangkit Flu Babi

By nova.id, Sabtu, 11 Juli 2009 | 23:40 WIB
Satu Keluarga Besar Diduga Terjangkit Flu Babi (nova.id)

Lima belas orang yang dikabarkan adalah satu keluarga besar, Sabtu malam, mendatangi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, mengeluh seperti telah terjangkiti flu babi.

Seorang petugas UGD RSHS membenarkan mengenai kedatangan dan keluhan mereka yang masing-masing berinisial I (21), K (52), F (38), D (25), AR (8), AF (6), IS (71), AO (24), AN (15), AG (15), U (23), AR (8), AR (10), R (37), dan MH (62).

Mereka datang bersamaan pada pukul 19.00 WIB dan sekarang tengah diperiksa intensif di rumah sakit itu. Petugas medis, baik perawat dan dokter di RSHS Bandung yang memakai masker tampak sibuk dan para pengunjung yang menunggu pasien di lobby UGD sudah diinstruksikan untuk memakai masker juga.

Sementara itu, belum ada keterangan resmi dari dokter RSHS Bandung mengenai satu keluarga yang tengah ditangani tersebut.

Sekarang di RSHS Bandung tengah ditangani tiga keluarga yang diduga terjankit (suspect) flu babi, dua keluarga di antaranya dirawat di ruang isolasi Flamboyan, sedangkan 15 orang dari satu keluarga yang baru masuk masih diperiksa intensif di Ruang Gawat Bersama (RGB) Instalasi Gawat Darurat lantai satu.

Satu keluarga di antara tiga itu, masuk ke RSHS Bandung Jumat (10/7) tengah malam. Seorang ibu dan anaknya berinisial WK (47) dan Y (23) adalah pasien rujukan dari seorang dokter praktik.

Dokter praktik umum merujuk mereka ke RSHS karena mengalami panas tinggi hingga 38 derajat celcius.

Kedua pasien pada Sabtu siang, panasnya sudah turun menjadi 36,8 derajat celcius, meski masih batuk-batuk.

Satu keluarga lainnya sudah dirawat lima hari sejak 8 Juli lalu karena mengalami panas tinggi sepulang dari Singapura 3 Juli yang lalu.

Dari pasien-pasien suspect yang ditangani RSHS Bandung, baru dua orang yang dinyatakan positif terjangkit virus H1N1, namun keduanya sudah diperbolehkan pulang beberapa waktu lalu.Antara