Malam Renungan Kematian David Hartanto Digelar

By nova.id, Selasa, 5 Mei 2009 | 00:45 WIB
Malam Renungan Kematian David Hartanto Digelar (nova.id)

Malam Renungan Kematian David Hartanto Digelar (nova.id)

"Malam Renungan untuk David Hartanto (Foto: Astri) "

Warga yang simpati atas kematian mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di Singapura, David Hartanto, Senin (4/5) menggelar malam renungan mengenang David di Bundaran Hotel Indonesia. Sebuah foto David dan satu spanduk bertulsikan 'satu nyawa David suara bagi putra dan putri Indonesia sekarang dan selamanya diletakkan di pelataran air mancur bundaran HI.

Ikut serta dalam renungan ini ketua komisi anak Kak Seto, seniman Ratna Sarumpaet, Jarwo Kwat, dan psikolog Kassandra Putranto. Kak Seto dalam refleksi yang dibacakannya mengatakan kejadian yang dialami David mengingatkan kita pada banyak anak Indonesia yang terhimpit ketidakpastian dan tidak terlindungi hak-haknya.

Sementara itu, Ratna Sarumpaet berharap aksi semacam ini tidak hanya bersifat perjuangan moril. "Harus ada langkah advokasi. Kita pantau penegakan hukum terhadap kasus David," ujarnya seraya mendesak pemerintah serius memperhatikan kasus ini.

Warga yang hadir datang dari berbagai kalangan.Sebagian dari mereka datang karena mengikuti perkembangan berita pada media massa dan facebok. Kordinator lapangan, Arya Wirawan mengungkapkan, jumlah anggota facebook sampai malam renungan berlangsung telah mencapai 17 ribu orang dan dana yang terkumpul mencapai 230 juta rupiah.

Melihat kepedulain masyarakat, ayah David, Hartono merasa terharu. "Mereka sangat antusias dan besar perhatiannya. Semoga pemerintah bisa memberi perhatian dan tekanan pada pihak asing," harapnya. Renungan ini berdekatan dengan hari ulang tahun David tanggal 2 Mei.

Astri