Ngumpul Lewat Grup Dan Halaman Fans (2)

By nova.id, Sabtu, 25 April 2009 | 00:30 WIB
Ngumpul Lewat Grup Dan Halaman Fans 2 (nova.id)

Ngumpul Lewat Grup Dan Halaman Fans 2 (nova.id)

""

Bergabung ke Sebuah Grup Banyak orang yang sudah membuat grup di FB. Kita bisa melihat daftar grup yang berhubungan dengan teman-teman kita, grup yang sudah kita ikuti, ataupun grup secara keseluruhan. Kita juga bisa mencari grup tertentu berdasatkan kata kunci.

Misalnya, dengan menggunakan kata kunci "cooking" atau "fashion", FB menampilkan hasil pencarian lebih dari 500 grup. Karena mudahnya membuat sebuah grup di FB, tidak heran ada banyak sekali grup yang ada, sehingga cukup membingungkan memilih grup mana yang sesuai dengan topik yang kita cari.

Grup yang baik biasanya diikuti oleh banyak orang. Grup yang hanya diikuti kurang dari 10 orang biasanya adalah grup yang pasif. Coba cek juga jumlah topik diskusi yang telah ada. Grup yang baik biasanya memiliki jumlah topik diskusi yang banyak, dan selalu ada topik yang baru, dan tidak ketinggalan, ada anggota yang ikut berdiskusi di tiap topik.

Pencarian grup juga bisa dilakukan berdasarkan jenis grup tertentu, misalnya bisnis, olahraga, hobi, dll. Cobalah mencari grup yang mungkin sesuai untuk Anda. Grup alumni sekolah, alumni kampus, hobi Anda, artis favorit, film favorit, ataupun grup musik favorit. Biasanya, sudah ada orang yang membuat grup-grup tersebut. (gambar contoh-grup)

Halaman Fans Selain grup, ada lagi fitur FB yang serupa, yaitu halaman fans. Pengelolaan halaman ini hampir serupa dengan grup. Bisa ada beberapa orang yang menjadi pengurus. Jumlah anggota pun bisa sangat banyak. Fitur standart seperti forum diskusi, album foto, dan video juga tersedia.

Secara tampilan, halaman fans ini memang lebih mirip dengan profil FB. Pada halaman ini, kita bisa menuliskan status. Dan pada saat sudah memiliki sangat banyak anggota, ada fitur khusus yang menarik, yaitu mengirimkan pesan ke anggota sesuai dengan lokasi, jenis kelamin, dan usia. (gambar pesan-fans) Selain itu, FB juga secara otomatis menyediakan statistik yang memperlihatkan orang yang mengunjungi halaman fans kita setiap harinya.

Fitur halaman ini juga dipermudah dengan fasilitas iklan. Kita bisa memasang iklan, supaya makin banyak orang melihat halaman kita. Tentu saja, sistem pemasangan iklan ini biasanya dilakukan jika halaman kita digunakan untuk bisnis. Di FB kita bisa memilih target demografi, usia, dan juga berbagai profil pengunjung yang akan melihat iklan kita.

Pembayaranpun mudah, digunakan sistem lelang, kita bisa menentukan berapa dollar kita bersedia membayar per hari, dan berapa dollar untuk sekali penayangan iklan, atau setiap kali ada orang yang mengklik iklan kita.

Wah, ternyata FB bukan hanya media ngobrol, tetapi bisa juga untuk berbisnis.VALENS RIYADI