Kenapa Wajah Ibu Hamil Lebih Glowing?

By , Kamis, 9 Juni 2016 | 08:21 WIB
Kenapa wajah Ibu hamil lebih glowing? (Nova)

Jika Anda tengah mengandung, mungkin Anda sering menerima pujian seperti, ”Kamu lebih glowing saat hamil!” atau “Wajahnya semakin segar, ya!”

Nah, apa sebenarnya hubungan ibu hamil dengan wajah glowing? Apakah itu hanya basa-basi untuk menyenangkan ibu hamil, ataukah itu hanya pantulan kebahagiaan sang calon ibu?

Ternyata, memang ada alasan ilmiah yang membuat kulit wajah perempuan lebih glowing saat hamil.

Ginekolog Dr Felice Gersh mengungkap pada Dailymail, penyebab kulit wajah ibu hamil terlihat lebih segar, bersinar, dan bersemu merah saat sedang mengandung. “Ini karena saat hamil aliran darah ke kulit meningkat, khususnya kulit wajah.”

Saat hamil, volume darah di dalam tubuh naik secara alami. Bersamaan dengan itu, terjadi peregangan struktur tubular (dilatasi) pada pembuluh darah yang membuat aliran darah ke plasenta tetap stabil.

BACA: Khasiat 5 Minyak Esensial untuk Ibu Hamil

“Itulah yang membuat aliran darah ke kulit menjadi lebih baik dan membuat kulit wajah ibu hamil lebih glowing,” katanya.

Perubahan hormon selama hamil juga bisa mempengaruhi produksi minyak wajah, yang juga membuat wajah terlihat lebih sehat.

Namun, Dr Sara Gaspard mengatakan, beberapa perempuan yang kulitnya terlihat glowing saat hamil menyadari bahwa tubuhnya memproduksi lebih banyak minyak. Sehingga, penggunaan perawatan wajah dan tubuh yang mengandung minyak sebaiknya dijaga porsinya.

“Jerawat saat kehamilan akan mereda pasca persalinan, karena hormon tubuh pun akan kembali menyeimbangkan diri. Sayangnya, ini juga diikuti oleh hilangnya efek glowing saat hamil. Kulit akan kembali seperti semula.”