4 Tips Hemat Memasak Menu Sahur dan Buka Puasa

By nova.id, Rabu, 31 Mei 2017 | 03:30 WIB
5 Jenis Bumbu Dapur Sebagai Herbal Alami Penghilang Rasa Sakit (nova.id)

Menghemat bahan makanan di bulan puasa bisa membuat hari Anda lebih efektif. Efeknya, selain hemat waktu dan tenaga, alokasi pengeluaran dapur pun akan lebih terjaga.

Kunci hemat memasak sahur dan buka puasa adalah membuat beberapa bahan makanan yang dapat disimpan dalam waktu lama, antara lain:

BACA: 5 Cara Menyiasati Harga Bahan Makanan yang Melambung

1. Kaldu

Buat kaldu dalam jumlah yang banyak. Setelah masak dan dingin, kemas kaldu dalam plastik dengan ukuran 1 liter. Simpan kaldu dalam frezzer hingga membeku

2. Santan

Rebus santan sambil terus diaduk hingga mendidih, angkat santan dan diamkan hingga benar-benar dingin. Setelah dingin kemas santan dalam plastik dengan ukuran 1 liter. 

3. Bumbu Halus

Buat bumbu dalam jumlah yang banyak. Lalu kemas bumbu dalam plastik kedap udara dan simpan dalam freezer hingga membeku. 

BACA: Kupas Tuntas Cara Memasak Hemat di Dapur

4. Makanan Siap Santap

Makanan siap santap yang dimaksud seperti ayam bumbu kuning, nugget, sosis, dan bahan makanan lain yang saat dimasak kembali tidak memerlukan waktu yang lama. Simpan ayam berbumbu dalam wadah kedap udara, dan masukkan ke dalam frezzer.

Yang perlu diperhatikan setiap bahan makanan yang distok harus diberi keterangan waktu pembuatan. Letakkan bahan makanan yang baru di bagian belakang dan bahan makanan yang sudah lama letakkan di bagian depan. 

Dahrani Putri