Mau Tetap Sehat Bugar di Usia Senja? Yuk, Ikuti Saran Ini!

By nova.id, Rabu, 15 Juni 2016 | 03:00 WIB
Mau Tetap Sehat Bugar di Usia Senja? Yuk, Ikuti Saran Ini! (nova.id)

Usia dan kematian memang merupakan kuasa Sang Pencipta. Tapi, mensyukurinya dengan cara menjaga kesehatan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh siapa saja jika ingin terus hidup sehat dan berusia panjang.

Artikel ini mungkin sudah sering Anda dengar. Ya, tetap sehat bugar di usia senja bahkan hingga 90 tahun seperti halnya usia Ratu Elizabeth II yang baru saja merayakan hari jadinya tersebut sebenarnya dapat Anda miliki.

Baca: Medical Check Up Penting untuk Segala Usia

Pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga dan hidup bahagia bebas stres menjadi kunci utama. Sayangnya, banyak orang gagal berusia panjang karena mereka mengabaikan aturan hidup sehat. Contohnya merokok, minum alkohol, stres, malas berolahraga dan lain sebagainya.

Pola hidup yang tidak sehat tersebut tentunya dapat mengundang berbagai penyakit kronis, yang pada akhirnya menghalangi Anda mendapatkan kesempatan umur panjang, di antaranya jantung koroner, stroke, diabetes tipe dua, dan berbagai jenis kanker.

Baca: Kiat Hindari Penyakit Jantung Koroner di Usia Muda

Selain itu, manfaat menjaga berat badan dan rutin berolahraga fisik dapat meningkatkan kesempatan memiliki umur panjang. Misalnya, latihan aerobik telah terbukti memiliki manfaat bagi sistem kardiovaskular dan berhubungan dengan penurunan risiko stroke dan diabetes tipe dua.

Bahkan, penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa olahraga dengan tingkat sedang juga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada mereka yang sudah mengalami penurunan kognitif ringan.

Baca: Peran Metabolisme Agar Tetap Awet Muda di Usia 50 Tahun

Selain hal-hal yang sudah disebutkan, Anda juga perlu melakukan stimulus mental demi meningkatkan fungsi otak, cukup tidur, dan melakukan meditasi demi mendapatkan hidup sehat hingga 90 tahun.

Jadi, jagalah kesehatan mulai sekarang untuk hidup tetap sehat dan bugar di usia senja.

Esra Dopita Maret/intisari-online.com Sumber: Independent