Ini Alasan Mengapa Jangan Sering Basahi Bibir dengan Lidah

By nova.id, Rabu, 15 Juni 2016 | 08:45 WIB
Ini Alasan Mengapa Jangan Sering Basahi Bibir dengan Lidah (nova.id)

Pernahkah Anda merasa bibir terlalu kering sehingga secara refleks atau tanpa sadar Anda membasahinya dengan lidah?

Cara ini sering dipilih banyak orang terutama perempuan untuk membuat penampilan bibir lebih lembap secara instan. Namun, sayangnya kebiasaan tersebut keliru.

Malah, sejumlah pakar mengungkapkan alasan mengapa jangan sering membasahi bibir dengan lidah Anda. Ini penjelasannya!

“Ketika bicara soal bibir yang lembab, bibir memiliki kemampuan untuk menyerap air sangat baik dan kenyal. Lalu, ketika kurang air dan lembab, bibir pun menjadi kering dan tidak menarik. Bibir itu seperti spon yang mudah menyerap” jelas Dr. Bruce Bart, M.D.,dermatologist dari Hennepin County Medical Center di Minneapolis, AS.

Baca: Tips Memulas Lipstik untuk Bibir Kering dan Mengelupas

Berikut beberapa langkah efektif untuk merawat kelembapan bibir tanpa perlu merogoh biaya lebih besar:

Banyak minum air putih Minum air putih yang cukup, lebih kurang 9 gelas setiap hari, akan membuat cairan tubuh seimbang, kulit lebih lembab, dan bibir pun terhidrasi dengan baik.

Kurangi kebiasaan membasahi bibir Menurut Robert Brodell, M.D., seroang dermatologist dari Ohio, AS, membasahi bibir dengan lidah guna mengurangi rasa kering, hanya akan membuat bibir semakin kering. Pasalnya, saliva mengandung enzim yang memberikan efek kurang baik pada kecantikan kulit bibir Anda.

Pilih pelembab bibir yang tepat Gunakan pelembab bibir yang mengandung lilin lebah, shea butter, vitamin E, almon, lidah buaya, dan minyak kelapa. Selain itu pelembab yang tinggi kandungan petroleum jelly juga baik untuk keindahan bibir.

Baca: Benarkah Pelembap Bibir Malah Bikin Kulit Semakin Kering?

Perlindungan krim tabir surya Kulit bibir cenderung lebih tipis karena kurang melanin (pigmen yang melindungi kulit dari sinar UV). Aplikasikan lapisan krim tabir surya untuk bibir setiap hari sebagai tindakan preventif dari sinar UV.

Jangan terlalu sering memulas lipstik matte Jenis lipstik matte membuat bibir menjadi sangat kering. Memang benar, lipstick matte lebih awet. Namun, efek samping kurang baiknya adalah bibir jadi dehidrasi sehingga menyebabkan kulit pecah-pecah dan kering.

Lusina/KompasFemale Sumber: Shape