Sepele, 6 Hal Ini Justru Bikin Migrain Makin Parah

By nova.id, Selasa, 28 Juni 2016 | 03:00 WIB
Sepele, 6 Hal Ini Justru Bikin Migrain Makin Parah (nova.id)

Anda mungkin sering menyepelekan atau bahkan mengabaikan keluhan penyakit migrain yang sering dialami. Padahal, migrain juga membutuhkan penanganan khusus alias tidak sembarangan.

Selain beristirahat dengan tidur dan menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter. Seperti yang disarikan dari HealthGuides, ada baiknya jangan menganggap sepele 6 hal yang justru bikin migrain makin parah.

Apa sajakah 6 penyebab yang memicu migrain makin parah? Berikut ulasannya:

Baca: 9 Makanan Penyebab Migrain yang Perlu Dihindari

Jangan terlalu banyak minum kafein Sebagian orang yang mengalami migrain dianjurkan untuk mengonsumsi kafein, namun dalam jumlah yang normal. Hal ini karena kafein dapat berperan seperti acetaminophen atau aspirin. Namun, jika terlalu banyak, kafein justru akan menyebabkan sakit kepala secara terus menerus hingga keesokan hari. Dengan kata lain, terlalu banyak minum kafein adalah 6 hal penyebab migrain makin parah yang harus dihindari.

Jangan melewatkan waktu makan Ketika mengalami migrain, kita mungkin tidak memiliki nafsu untuk makan, namun makan harus tetap kita jaga agar gula darah di dalam tubuh tetap stabil. Tidak makan akan menyebabkan gula darah tidak normal di dalam tubuh, yang selanjutnya akan menyebabkan sakit kepala lanjutan atau menjadikan migrain semakin buruk.

Baca: Awas, Penderita Migrain 2 Kali Lebih Mungkin Terkena Parkinson

Jangan mengonsumsi karbohidrat sederhana Ketika kita mengonsumsi karbohidrat sederhana, maka gula darah akan naik dan selanjutnya memberitahu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak insulin untuk membantu memecah gula. Kelebihan insulin namun akan menyebabkan kadar gula darah menurun secara signifikan, yang kemudian mengakibatkan sakit kepala yang semakin buruk.

Jangan berolahraga secara berlebihan Beberapa orang memaksakan diri untuk terlalu banyak berolahraga selama mereka mengalami migrain. Padahal, ini justru akan memicu perubahan aliran darah ke otak selama olahraga berkepanjangan dan menyebabkan sakit kepala yang semakin buruk. Ketika migrain dan tetap ingin berolahraga, ambillah olahraga yang ringan, seperti yoga.

Baca: 4 Jenis Sakit Kepala dan Obat Terbaik untuk Meredakannya

Jangan abaikan pijatan lembut yang memberi rasa relaks di area kepala Beberapa orang yang migrain menghindari kepalanya dipijat. Nyatanya, memijat pelipis atau kulit kepala dengan tekanan yang cukup kuat memang benar akan mengurangi rasa sakit kepala, termasuk migrain. Selain itu, kita juga bisa melakukannya dengan menggunakan kain basah dingin dan meletakkannya di kepala selama kita berbaring.

Jangan hanya mengandalkan obat Obat memang dapat mengurangi hingga menghilangkan rasa sakit termasuk migrain, namun ia tidak bekerja sendiri. Ada banyak hal lain yang juga memengaruhi. Salah satu yang terpenting adalah tentang gaya hidup sehat, yang meliputi asupan sehat, tidur yang baik, olahraga teratur, dan tidak stres. Gaya hidup sehat tak hanya dilakukan ketika sedang mengalami migrain, tetapi harus setiap hari dalam keseharian.

Monalisa Darwin D./intisari-online.com Sumber: HealthGuides-HealthGrades