Jackie Chan Ingin Industri Film Tiongkok Kalahkan Hollywood

By nova.id, Kamis, 30 Juni 2016 | 01:00 WIB
Jackie Chan (nova.id)

TABLOIDNOVA.COM – Saat berpidato membuka program film-filmnya di Shanghai International Film Festival, Jackie Chan mengeluarkan komentar yang cukup mengejutkan bagi para pemerhati film internasional. Ia sesumbar jika kesuksesan film Warcraft di box office pasar Tiongkok menandai kebangkitan industri film Tiongkok. Film yang disutradarai oleh Duncan James ini memang meraih sukses besar di Tiongkok dan diproduksi oleh studio film Legendary yang January kemarin dibeli oleh konglomerat Tiongkok Dalian Wanda Group dengan angka fantastis 3,5 milyar dollar.

“Film Warcraft bisa meraup keuntungan 600 juta yuan (91 juta dolar) dalam waktu dua hari. Rekor ini jelas akan membuat ciut hati orang-orang Amerika (para pelaku industri). Jika kita membuat film yang bisa mengumpulkan keuntungan hingga mencapai 1,5 milyar dollar, maka orang-orang dari berbagai belahan dunia akan belajar bahasa Cina ketimbang kita yang harus belajar bahasa Inggris!” seru aktor 62 tahun itu.

BACA: Penuh Makna, Siwon "Super Junior" Selalu Ingat Nasihat Jackie Chan Untuknya

Sepanjang tahun 2016, memang film-film lokal sukses mendominasi di Cina. Di luar kesuksesan Warcraft, film komedi garapan Stephen Chow, The Mermaid, berhasil meraup keuntungan mencapai 528,6 juta dollar tahun ini. Majalah Hollywood Reporter memperdiksi jika dalam lima tahun ke depan pasar perfilman bisa mempertahankan kesuksesan film-film lokal mereka mencetak box office di negeri mereka sendiri termasuk Hong Kong dengan rata-rata penguasaan pasar sebanyak 30 persen, apa yang diumbar Jackie Chan bisa benar-benar terjadi.

BACA: Wow! Jackie Chan Jadi Aktor Termahal Kedua Di Dunia

Sebagai penutup pidatonya, aktor asal Hong Kong ini semakin menyudutkan industri Hollywood. “Semua keberhasilan ini sekarang tergantung pada kalian yang bisa membuat Tiongkok berjaya dan sangat kuat. Jadi, sebelumnya saya akan ucapkan terima kasih pada semuanya. Mari kita berharap sama-sama untuk industri film Cina bisa menjadi semakin kuat!”

Syanne/Tabloidnova.com