Ngantuk Saat Menyetir Dalam Perjalanan Mudik? Coba Cara Ini!

By nova.id, Kamis, 22 Juni 2017 | 08:15 WIB
Ngantuk Saat Menyetir Dalam Perjalanan Mudik? Coba Cara Ini! (nova.id)

Mengantuk ketika menyetir kendaraan menjadi kondisi paling membahayakan yang bisa saja berujung pada kecelakaan lalu lintas. Itulah mengapa, para polisi serta instansi terkait selalu memberikan peringatan bahaya menyetir sambil mengantuk dalam perjalanan mudik saat Hari Raya.

Kemacetan panjang, antrean mobil di jalan tol dan jarak tempuh yang terlalu lama, mau tak mau membuat masyarakat yang memilih mudik dengan jalur darat sambil membawa kendaraan pribadi akan merasa kelelahan dan butuh istirahat.

Konsentrasi yang hilang atau menurun akibat rasa kantuk bisa menyebabkan pengemudi kehilangan kendali atas kendaraanya sendiri.

Baca: Macet di Tol Saat Arus Mudik? Ini yang Dilakukan Polisi

Kondisi ini tentu bisa dicegah dengan menyiapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik. Rajin berolahraga dan cukup istirahat bisa menjadi beberapa cara untuk menjaga kondisi fisik saat perjalanan mudik. Tentunya dengan menjaga asupan makanan yang lebih sehat dan bergizi untuk menjaga stamina.

Namun, jika pada akhirnya rasa kantuk tak terhindarkan, sementara pengemudi sedang dalam perjalanan mudik, maka cara berikut ini patut untuk dicoba.

Baca: Tips Praktis, 5 Cara ‘Packing’ Oleh-oleh Saat Mudik Lebaran!

“Untuk menyiasatinya kondisi fatigue, siapkan makanan ringan yang tidak mengganggu pengemudi dan minuman,” ujar Robby Prakoso, Bussines Development Director Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) seputar tips menyiasati rasa kantuk saat menyetir dalam perjalanan mudik.

Ada lebih baiknya Anda pun berkendara tidak lebih dari 2 jam, selain itu juga Anda di harus membuka kaca untuk mendapatkan oksigen tambahan agar tidak cepat lelah.   Resa Azhara/Autobild.co.id