Pesepakbola Lionel Messi Dijatuhi Hukuman 21 Bulan Dalam Kasus Penipuan Pajak

By nova.id, Senin, 11 Juli 2016 | 04:00 WIB
Lionel Messi dijatuhi 21 bulan hukuman karena penipuan pajak. (nova.id)

TABLOIDNOVA.COM  – Pengadilan Barcelona mengeluarkan hukuman selama 21 bulan untuk pesepakbola Lionel Messi dan ayahnya, Jorge Horacio karena dianggap bersalah atas tiga kasus penipuan pajak. Selain mendapat hukuman ini, seperti yang dikabarkan oleh ESPN, ia juga diharuskan membayar denda sebesar 2,2 juta dollar atas kesalahannya itu.

Namun, pesepakbola asal Argentina ini memiliki kesempatan untuk bisa melewati masa tahanan jika ia mengajukan keberatan melalui pengadilan tinggi Spanyol. Rupanya, dalam peraturan hukum Spanyol, seorang tahanan dengan kesalahan yang berhubungan dengan pajak yang kena hukuman di bawah dua tahun bisa menjalani hukuman dalam masa percobaan.

BACA: WeChat Gaet Lionel Messi

Saat putusan itu dibacakan, Lionel Messi bersama ayahnya menolak mengaku telah melakukan kesalahan. Namun, pengadilan telah melakukan kesepakan dengan para pengacara jika ada sebuah kejahatan telah dilakukan dalam kasus ini. Para inspektur pajak mengatakan jika mereka menemukan bukti jika ayah Lionel Messi telah menggunakan rekening di Belizze dan Uruguay, juga beberapa perusahaan bayangan di Inggris dan Swiss untuk menghindari pembayaran pajak dari penghasilan yang didapat dari ijin penggunaan gambar sang atlet dari tahun 2007 hingga tahun 2009.

Di pengadilan bulan lalu, Lionel Messi mengakui jika ia telah menandatangani banyak dokumen tanpa membaca isi dari dokumen tersebut dan ia memang mengunjungi sebuah kantor notaris untuk mendirikan sebuah perusahaan untuk menangani keuangannya tanpa benar-benar mengerti apa yang terjadi.

Klab Barcelona, klab dimana Lionel Messi bernaung, membela dirinya dengan mengeluarkan pernyataan dukungan dan mengungkapkan sama sekali tidak percaya jika ia bertanggungjawab atas penggelapan pajak.

“FC Barcelona memberi dukungan penuh kepada Leo Messi dan ayahnya yang menyangkut keputusan mengenai penggelapan pajak yang dikeluarkan oleh pengadilan Barcelona hari ini. Klab, atas persetujuan jasa pengadilan pemerintah, mempertimbangkan pemain yang mengoreksi posisinya dengan kantor pajak Spanyol. Ia sama sekali tidak bertanggung jawab secara kriminal seperti apa yang telah dituduhkan padanya. FC Barcelona akan terus mendukung Leo Messi dan keluar dalam keputusan mereka dalam membela diri dalam kejujurannya dan kepentingan legalnya,” tim Barcelona menulis dalam pernyataannya.

Menurut majalah Forbes, penghasilan Lionel Messi dalam setahun mencakup 81,4 juta dollar dan menempatkan dirinya di urutan kedua atlet dengan bayaran tertinggi selama tahun 2016.

Syanne/Tabloidnova.com