Kebiasaan Isap Jempol pada Anak Bisa Mengurangi Alergi?

By Noverita, Rabu, 13 Juli 2016 | 09:01 WIB
Kebiasaan mengisap jempol pada anak (Noverita)

Pernahkah Anda melihat bayi mengisap jempol atau menggigit kuku? Mungkin Anda kesal dan meski sudah diberitahu berulang kali, anak tetap melakukan kebiasaan buruk tersebut. Tentu saja kebiasaan ini mengkhawatirkan orangtua.

Tapi apakah kebiasaan mengisap jempol pada anak-anak ini berbahaya?

Penelitian yang dilakukan pada 1.000 anak-anak usia 5 - 7 tahun, mengungkap bahwa Anda tidak perlu khawatir jika melihat kebiasaan tersebut.

Ternyata, kebiasaan anak mengisap jempol bisa meminimalkan kerentanan terhadap infeksi alergi pada balita. Anak-anak yang menggigit kuku atau bahkan mengisap jempol alerginya akan berkurang.

BACA: Mengatasi Kebiasaan Isap Jempol dan Gigit Kuku

Adanya hewan peliharaan, tungau debu, jamur diidentikkan sebagai pengaruh lingkungan yang kemungkinan berperan terhadap pembentukan kekebalan terhadap alergi.

Kala anak terpapar sedikit kuman, bukanlah merupakan hal buruk karena dapat meminimalkan risiko mengembangkan alergi di kemudian hari. Anak akan lebih kebal dan lebih kuat.

Paparan mikroba sewaktu kecil justru memengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga membuat seseorang lebih rendah mendapat risiko alergi. Anak-anak yang hidupnya terlalu bersih akan lebih mudah terkena penyakit, salah satunya alergi. Tentu saja Anda tidak harus mendorong anak untuk melakukan kebiasaan menggigit kuku dan mengisap jempol tersebut. Hanya, Anda bisa lebih tenang dan tak perlu khawatir akan kesehatan anak.

Ajarkan anak kebiasaan mencuci tangan hingga bersih dan kurangi kebiasaannya mengisap jempol secara perlahan. 

Noverita K. Waldan