Sederhana, Tips Agar Janin Dalam Kandungan Sehat

By nova.id, Kamis, 14 Juli 2016 | 04:30 WIB
Sederhana, Tips Agar Janin Dalam Kandungan Sehat (nova.id)

Ada dua subjek penting dalam perkembangan kehamilan selain kesehatan sang calon ibu. Ya, janin dalam kandungan juga memerlukan perhatian khusus sehingga ketika hadir ke dunia, bayi pun lahir dengan sehat, normal serta sempurna.

Tidak hanya cukup mengonsumsi suplemen maupun rutin memeriksa kandungan ke dokter. Ibu hamil pun harus tetap konsisten menjaga tumbuh kembang sang janin agar tetap sehat.

Disarikan dari Rodalewellness, ada tips sederhana agar janin dalam kandungan sehat. Semoga informasi ini dapat membantu Anda menjalani hari yang sehat sambil menunggu kehadiran bayi tercinta.

Baca: Tips Hamil: Ibu Cermat, Janin Kuat, Semua Sehat!

Rutin mengonsumsi yogurt yang kaya nutrisi Cobalah mengganti asupan es krim dengan yogurt. Menurut penelitian yang dirilis dalam jurnal mBio, yogurt kaya akan probiotik serta mengandung L. rhamnosus yang memiliki efek perlindungan terhadap merkuri dan arsenik bagi ibu hamil.

“Penurunan senyawa ini bagi ibu hamil dapat mengurangi dampak negatif bagi janin mereka,”  ujar Gregor Reid, PhD,  dari Canadian Centre for Human Microbiome and Probiotics.

Baca: 5 Ciri Ibu Hamil Disebut ‘Hamil Kebo’

Suplemen vitamin D Jika kita mendapatkan cukup vitamin D, cobalah pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen. Vitamin D yang cukup dapat memotong tingkat komplikasi kehamilan. Termasuk tekanan darah tinggi.

Tapi, sebelum mengonsumsinya mintalah saran pada dokter untuk menentukan apakah kita memerlukan ekstra vitamin D. “Intinya, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D selama kehamilan,” ujar Mark Moyad, MD, MPH, penulis  The Supplement Handbook.

Baca: Berapa Idealnya Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil?

Tetap bugar Tidak ada alasan untuk berhenti berolahraga ketika hamil. Olahraga memiliki banyak manfaat lain. Menurut para peneliti dari University of Adelaide di Australi, olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak untuk mengurangi depresi pada ibu hamil.

Selain itu, peneliti juga mengatakan kalau mempertahankan rutinitas olahraga berkaitan dengan berat badan sehat bagi si calon bayi.  Dengan olahraga, kiat juga bisa mencegah obesitas selama kehamilan.

Baca: Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik untuk Kurangi Sakit Punggung

Hindari polusi udara dan radikal bebas Jika memiliki kesempatan untuk keluar rumah dan menghirup udara segar, lakukanlah. Peneliti dari University of Pittsburgh menemukan, tingkat polusi udara yang tinggi terkait dengan risiko autis yang tinggi pada anak. Polutan yang dapat menyebabkannya seperti styrene, kromium, sianida, metanol, dan arsenik.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: Rodalewellness