Cincin Tunangan Pippa VS Cincin Tunangan Kate

By nova.id, Rabu, 20 Juli 2016 | 03:30 WIB
Pippa Middleton (nova.id)

Akhir pekan lalu, Pippa Middleton (32), adik Kate Middleton, dilamar kekasihnya, James Matthews (40), saat keduanya berlibur ke Lake District, Inggris. Cincin tunangan yang dikenakan Pippa saat keluar dari rumahnya di London, Selasa, ini langsung jadi berita hangat. Media kemudian membandingkannya dengan cincin yang diberikan Pangeran William saat melamar Kate beberapa tahun silam. 

Sementara Kate mendapatkan cincin safir Ceylon 12 karat warisan Putri Diana pada saat bertunangan tahun 2010, Pippa dihadiahi cincin bermatakan berlian besar dikelilingi berlian-berlian kecil yang tampak berkilau ditimpa sinar matahari pagi itu.

 Neil Geddes yang memiliki wawasan luas soal perhiasan kelas jet set mengatakan, berlian yang dikenakan Pippa terlihat seperti berlian 2,5 karat yang dipotong dengan bentuk asscher yang menjadi pusatnya, dan dikelilingi berlian-berlian kecil. Cincinnya sendiri, menurut Neil, terbuat dari platinum. 

 “Cincin ini memiliki sentuhan inspirasi art deco, tapi dibuat secara kontemporer. Harganya kemungkinan 65 ribu poundsterling. Sepertinya sudah dipesan lebih dulu dan sengaja dibuat khusus untuknya.

 Rod Harris, pakar berlian yang memiliki toko WHY Jewellers di Dorset memberikan komentar yang tak jauh berbeda. Menurutnya, cincin Pippa berpotongan asscher atau dipotong persegi, dikelilingi oleh saluran berisi banyak berlian. “Bentuknya sangat trendy dan praktis, dengan desain ala era art deco,” ujar Harris.   

Bentuk asscher sendiri dikembangkan di Amsterdam, Belanda pada 1902. Model potongan berlian yang satu ini memiliki barisan yang mirip tangga dan setiap jenjangnya menampakkan kilau berlian. 

Garis yang presisi dan sudut pemotongan yang khas membuat bentuk asscher populer digunakan sebagai cincin tunangan pada tahun 1920. Nah, cincin Pippa dikelilingi berlian yang dipotong dengan sangat brilian dan dibentuk oktagon. Cincin berlian Pippa sendiri sangat berbeda dari cincin Kate. 

Cincin tunangan Kate termasuk salah satu cincin yang paling terkenal sedunia karena cincin itulah yang dipilih Putri Diana ketika dilamar Pangeran Charles pada 1981, dan diberikan Pangeran William ketika melamar Kate di Kenya, Afrika.

Cincin safir Ceylon ini dikelilingi oleh 14 berlian solitaire yang diikat dengan emas putih. Warisan dari Putri Diana inilah yang membuat cincin ini tak ternilai harganya.   

Hasuna

Sumber: Daily Mail