Travelling Sendirian? Lakukan 9 Hal Ini

By nova.id, Rabu, 20 Juli 2016 | 09:15 WIB
Ilustrasi (nova.id)

Bila Anda melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri sendirian, jangan buru-buru membayangkan yang tidak-tidak. Asal persiapan Anda matang, melakukan trip sendirian bisa tetap nyaman. Berikut tips travelling yang bisa Anda lakukan sebelum berangkat dan selama di tempat tujuan. 1.    Bawa uang tunai lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Sebab, tidak ada orang yang bersama Anda dan tidak ada yang bisa Anda pinjami uang. Kita tak pernah tahu kapan kita membutuhkan uang lebih. Misalnya, bila pembayaran hanya bisa dilakukan secara tunai atau Anda kehilangan kartu kredit. Oh ya, sekadar berjaga-jaga, jangan simpan semua uang tunai di satu tempat yang sama.

2.    Simpan di email. Sebelum berangkat, sebaiknya foto terlebih dulu dokumen penting untuk perjalanan seperti paspor, tiket, dan konfirmasi hotel atau tempat Anda menginap. Lalu, kirim semuanya ke email Anda dan orang terdekat Anda. Bila suatu saat dokumen Anda hilang, Anda masih punya kopinya.

3.    Bawa nomor telepon penting. Yang termasuk di dalamnya antara lain nomor telepon hotel atau tempat penginapan Anda di tempat tujuan, nomor kartu kredit internasional Anda, serta nomor telepon kantor kedutaan Indonesia terdekat.

4.    Hubungi tempat penginapan Anda sebelum berangkat atau check out. Siapa tahu, mereka menyediakan antar jemput gratis ke bandara.

5.    Jangan bawa barang bawaan melebihi kemampuan Ingat, semua yang Anda bawa menjadi tanggungjawab diri sendiri sejak berangkat hingga tiba kembali di rumah. Jadi, buatlah diri Anda nyaman selama membawa barang bawaan, baik ketika Anda harus naik turun tangga di penginapan bila diperlukan maupun menumpang transportasi umum di tempat tujuan.

6.    Packing praktis Lakukan pengepakan secara praktis dan ringan, sebab bisa jadi Anda akan mengenakan ulang baju Anda, kecuali waktu traveling cukup lama sehingga memungkinkan Anda mencuci baju). Anda tidak akan membutuhkan beberapa pasang sepatu selama di sana. Bawa saja sepatu yang nyaman untuk jalan-jalan atau adventur. Bawa tas praktis beresleting dan saku, sehingga Anda bisa menyimpan semua yang penting di dalamnya. Jangan lupa, bawa perlengkapan toiletries seperti kosmetik dan perlengkapan mandi dalam ukuran kecil yang pas untuk traveling, sehingga Anda tak perlu membawanya pulang.

7.    Bawa dompet plastik yang bisa ditutup rapat Perlengkapan toiletries, tiket, dan ponsel Anda akan tetap aman bila Anda melakukan perjalanan atau naik gunung dalam cuaca hujan.

8.    Bawa kunci gembok kecil untuk tas

9.    Bawa kartu dan buku Anda bisa mengajak traveler lain bermain kartu untuk mencairkan suasana. Sementara, buku bisa menjadi teman ketika Anda menikmati makanan, duduk di kafe, atau di alam terbuka dikelilingi pemandangan indah. Hasuna Sumber: Huffington Post