7 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir Agar Orangtua Tidak Mudah Panik

By Noverita, Kamis, 21 Juli 2016 | 08:58 WIB
10 ibu ungkap bagaimana rasanya melahirkan, dengtan jujur dan apa adanya! (Noverita)

Coba Anda perhatikan bayi baru lahir yang memiliki kulit yang halus dan lembut. Orangtua baru akan melakukan segala cara agar mereka mendapatkan perawatan terbaik. Semua saran yang diberikan keluarga, teman, maupun dokter mungkin akan diikuti. Bahkan orangtua baru juga banyak yang membeli buku tentang perawatan bayi.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengurus bayi yang baru lahir, karena tubuh bayi masih sangat halus dan organ tubuh mereka masih belum sepenuhnya berkembang.

BACA: Bagaimana Rasanya Melahirkan? Ini Penuturan Jujur dan Apa Adanya dari 10 Ibu!

Selain itu, bayi yang baru lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan lebih rentan terhadap berbagai penyakit.  Jadi, sebagai orangtua harus tahu bagaimana merawat bayi yang baru lahir.

Sedikit kesalahan yang dilakukan saat merawat bayi yang baru lahir dapat menyebabkan konsekuensi yang fatal. Nah, apakah Anda tahu ada beberapa fakta menarik tentang bayi yang baru lahir? Cari tahu apa saja:

1. Bayi yang menangis saat baru lahir ternyata tidak meneteskan air mata. Karena saluran air mata mereka belum sepenuhnya berkembang, sampai mereka berusia sekitar 12 minggu.

2. Bayi yang baru lahir sudah bisa merasakan manis, pahit dan bahkan makanan pedas, kecuali garam!

3. Tulang rawan pada bayi akan berkembang hanya bila bayi berusia satu tahun.

4. Anak baru lahir memiliki 300 tulang dalam tubuh mereka, sementara orang dewasa hanya memiliki 206.

5. Bayi yang baru lahir memiliki lapisan rambut halus yang dikenal sebagai lanugo, yang berkembang saat bayi masih dalam kandungan untuk membantu mengatur suhu tubuh.

BACA: 10 Cara Mengatasi Rasa Takut Melahirkan

6. Beberapa bayi perempuan yang baru lahir mengalami menstruasi. Tingkat estrogen bayi tinggi saat dalam kandungan sehingga mengakibatkan darah keluar.

7.Akibat hormon saat dalam kandungan, payudara kecil bayi dapat menghasilkan susu.