Pilihan Stimulasi Otak Bayi Selain Dari Musik Klasik

By nova.id, Rabu, 27 Juli 2016 | 04:45 WIB
Pilihan Stimulasi Otak Bayi Selain Dari Musik Klasik (nova.id)

Ibu hamil yang tengah mengandung buah cinta sering disarankan pakar meluangkan waktu untuk mendengarkan musik secara teratur.

Salah satu jenis musik klasik yang direkomendasikan untuk didengarkan para ibu hamil adalah musik klasik, seperti Mozart. Namun, sebenarnya tidak hanya musik klasik yang perlu didengarkan oleh ibu hamil.

Baca: 9 Bulan Penuh ''Kejutan" Saat Kehamilan

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, tujuan dari mendengarkan musik bagi para ibu hamil yaitu membangun keterampilan motorik dan kognitif janin agar menjadi lebih baik. Musik berfungsi menstimulasi perkembangan jumlah sel dan percabangan sel-sel otak ketika bayi lahir.

Baca: Hati-hati, Depresi Kala Hamil, Bisa Menurun ke Anak, Lo!

Mendengarkan musik bagi para ibu hamil bisa meredam stres adalah manfaat lainnya yang penting untuk diketahui. Musik bisa menciptakan suasana relaks secara perlahan.

Lalu, bagaimana jika ibu hamil tidak menyukai jenis musik klasik?

Baca: 10 Cara Mengatasi Rasa Takut Melahirkan

Menurut dokter spesialis anak dari EKA Hospital BSD City, sebenarnya yang lebih penting adalah memilih musik yang dapat membuat calon ibu bahagia sehingga dapat menembus neurotransmitter.

Neurotransmitter merupakan zat yang dapat mengaktifkan sinaps (hubungan antarsel otak), dimana semakin banyak sinaps berarti semakin kompleks kemampuan otak. Maka analoginya, jika Anda (calon ibu) senang, stimulasi sel- sel janin pun semakin baik.

Rafel Ryandika/intisari-online.com