Ragam Bentuk Dapur (2)

By nova.id, Senin, 23 Maret 2009 | 10:08 WIB
Ragam Bentuk Dapur 2 (nova.id)

Ragam Bentuk Dapur 2 (nova.id)
Ragam Bentuk Dapur 2 (nova.id)

""

Bagi yang percaya, dapur yang baik juga harus sesuai dengan unsur feng shui. Misalnya, kalau jalan ada di sebelah kiri rumah, posisi kompor jangan sejajar dengan jalan. Justru berlawanan atau menghadap ke jalan. "Jika sejajar, saat mengolah masakan, arah sendok seperti membuang makanan. Artinya, seperti membuang rezeki."

Begitu juga halnya dengan warna. Hindari warna oranye untuk dapur. "Masak, kan, sudah berarti panas, sebaiknya pilih warna teduh," saran Willys lagi. Sementara posisi dapur lebih baik berada di depan rumah karena sirkulasi udara akan lebih bagus. "Kalaupun di belakang rumah, sebaiknya ada sirkulasi udara, misalnya dengan adanya taman."

Jenis Kayu1. Lapisan tacon terdiri dari formika, multipleks, dan partikel. Selain kualitasnya kurang bagus juga tak bisa dibentuk macam-macam.

2. Bahan melamik termasuk sedikit mahal dibanding duco yang paling mahal. Bahan dari duco prosesnya agak lama karena harus melalui proses amplas. Sayangnya, urat kayunya tidak bisa ditampilkan.

3. Kelemahan tacon sudut-sudutnya tidak bisa rapi. Sedangkan melamic dan duco jauh lebih rapi karena karena disemprot cairan khusus.

Lokasi: I'nA house, Jl. Bintaro Utara Sektor 1, Jakarta (021 7374526); Keluarga Heni Krisnandi, Pondok Timur Mas, Bekasi.Noverita K. WaldanFOTO-FOTO: Faduli Barbathully/Nova, Dapur Aroma