Ragam Bentuk Dapur (1)

By nova.id, Senin, 23 Maret 2009 | 10:00 WIB
Ragam Bentuk Dapur 1 (nova.id)

Ragam Bentuk Dapur 1 (nova.id)
Ragam Bentuk Dapur 1 (nova.id)

""

Jenis dapur ada dua macam, yaitu dapur basah dan kering. Dapur basah biasanya untuk mencuci dan memasak bahan mentah sampai matang. Sedangkan dapur kering hanya untuk mencuci tangan saja. Dengan menentukan dulu jenis dapur yang ingin dibuat, kita bisa menentukan bahan-bahan pembuatnya.

"Bahan dasar untuk dapur basah biasanya yang kuat karena semua kegiatan ada di sana. Misalnya, dari beton dan granit. Sementara dapur kering bisa pakai pelapis tacon, yang tidak bisa dipakai untuk panas," ujar Willys Subagyo.Y, ST, arsitek dari I'nA house. Willys mengatakan dapur yang efektif biasanya berukuran 2x3 meter. "Artinya, cukup untuk dua orang yang bekerja bersamaan di dapur." Beragam BentukBanyak bentuk dapur bisa jadi pilihan. Tetapi hendaklah sesuaikan bentuk dapur idaman Anda dengan luas ruangan yang tersedia. Bebagai bentuk dapur disesuaikan dengan luasnya ruangan, adalah:

1. Garis linear (bentuk I)Bentuknya hanya satu garis lurus saja. Fungsinya sebagai dapur simpan, memasak, dan mencuci. Ketiganya berada dalam garis lurus. Bentuk yang paling sederhana ini biasanya dipakai untuk rumah-rumah mungil.

2. Double line (dua I)I pertama fungsinya untuk memasak, I kedua fungsinya untuk menyimpan.

3. Bentuk LTempat menyimpan berhadapan dengan tempat cuci dan masak. Bentuk ini paling banyak dijumpai karena tidak memerlukan ruang yang terlalu besar.

4. Bentuk UBentuk ini fungsi mencuci, memasak, dan menyimpan ada dalam tiga sudut. Sesuai dengan namanya, bentuk dapurnya menyerupai huruf U. Orang lebih bebas bergerak di dapur U, karena ruangan yang dibutuhkan lebih besar.

5. Island (pulau)Jika dapur terlalu luas, agak sulit melakukan kegiatan karena tempatnya jadi berjauhan. Makanya dibuat terpisah, bagian untuk memasak berada di tengah-tengah. Kadang bagian tengah bisa dipakai sebagai meja makan, misalnya untuk sarapan. Di bagian lain dipakai untuk memasak, mencuci, dan menyimpan.

Lokasi: I'nA house, Jl. Bintaro Utara Sektor 1, Jakarta (021 7374526); Keluarga Heni Krisnandi, Pondok Timur Mas, Bekasi.Noverita K. WaldanFOTO-FOTO: Faduli Barbathully/Nova, Dapur Aroma